Rabu , 24 April 2019
Home / Berita utama / Pemda Provinsi Genjot Penyelesaian Temuan BPK, Sudah 60 Persen Diselesaikan

Pemda Provinsi Genjot Penyelesaian Temuan BPK, Sudah 60 Persen Diselesaikan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu menggenjot penyelesaian temuan audit BPK atas LKPD KDH sejak tahun anggaran 2015 sampai 2018. Asisten III Pemprov Bengkulu, Gotri Suyanto mengatakan ini merupakan pekerjaan rutin Inspektorat melakukan pemantauan tindak lanjut dari hasil audit tersebut. Sejauh ini dari dari 1.315 rekomendasi BPK itu, 60,61 persen sudah ditindaklanjuti. Dalam artian 39,39 persen lagi masih dalam proses penyelesaian. “Kita targetkan paling tidak angka penyelesaiannya sampai di 70 persen minimal dalam waktu dekat ini,” terang Gotri.

Sehingga temuan yang sifatnya administratif seperti teguran, harus segera diselesaikan oleh setiap OPD yang mendapatkan rekomendasi dari BPK. Sejauh ini mereka terus melakukan evaluasi baik itu temuan sifat administratif ataupun temuan yang sifatnya kerugian keuangan daerah. Sehingga saat ini Pemprov menggerakan seluruh OPD temuan administratif harus diselesaikan lebih dahulu. “Kita evaluasi sejak tahun 2015 sampai tahun anggaran 2018 kemarin,” terangnya.

Dia menjelaskan laporan audit keuangan negara ini harus ditindak lanjuti. Sejauh ini upaya yang dilakukan sudah sangat baik. Dengan banyaknya rekomendasi yang sudah diselesaikan tersebut. “Kita terus melakukan upaya supaya ini bisa diselesaikan,” terangnya.

Dari data temuan tersebut, yang terbanyak belum diselesaikan ada di Sekretariat DPRD, dimana temuan kerugian negara 12,85 persen. Kemudian temuan administratifnya 31 temuan. Kedua Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) temuan kerugian keuangan daerah mencapai 4,34 persen sedangkan temuan administratif mencapai 133 temuan. Urutan ketiga RSUD M. Yunus temuan kerugian keuangan daerah sebesar 3,98 persen dan temuan administratif sebanyak 89 temuan

Gotri mengatakan kalau temuan-temuan tersebut akan diupayakan dilakukan penyelesaian secara bertahap. Dengan menetapkan target minimal yang akan diselesaikan sebanyak 70 persen dalam waktu dekat ini. “Kita akan upayakan untuk penyelesaiannya,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

TNI AL- Polri Kawal Ketat Logistik Pemilu dari Enggano

BENGKULU – KRI Kurau 856 tiba di dermaga Nusantara Pelindo II Pulau Baai Bengkulu, Selasa ...

error: Content is protected !!