Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pemkab Akan Terapkan Wartawan Harus Kompeten

Pemkab Akan Terapkan Wartawan Harus Kompeten

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berencana mulai terapkan wartawan yang bertugas atau datang meliput ke Kabupaten Mukomuko adalah wartawan yang lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Karenanya Kepala Diskominfo Mukomuko, Drs. H. Ruslan, M.Pd, mengharapkan semua wartawan yang ada di Kabupaten Mukomuko, atau datang yang bertugas meliput ke Kabupaten Mukomuko seluruhnya sudah kompeten.

Sebagai bukti legalitas dan membuktikan seluruhnya kompeten, Diskominfo Mukomuko meminta kepada wartawan yang selama ini bertugas di Mukomuko, khususnya di lingkungan Pemkab Mukomuko agar serahkan potokopi sertifikat lulus UKW. Baik UKW tingkat Muda, Madya ataupun Utama.

‘’Kami menginggatkan supaya wartawan yang bersangkutan untuk menyerahkan fotokopi sertifikat lulus UKW ke Diskominfo Mukomuko. Jadi akan diketahui mana saja wartawan yang sudah kompeten dan yang belum,” ujar Ruslan.

Langkah ini kata Ruslan, sebagai upaya Diskominfo menertibkan keberadaan seluruh wartawan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Khususnya untuk wartawan yang biasa meliput di lingkungan Pemkab Mukomuko.

Sebab, kata Ruslan, diduga ada oknum mengaku wartawan, namun tak memiliki surat kabar. Selain itu berdasarkan surat dari Dewan Pers, semua wartawan yang melakukan peliputan di lingkungan pemerintahan harus sudah kompeten.

“Wartawan yang belum UKW bukan kami melarang meliput. Sepanjang itu jelas medianya, silahkan. Kami juga sudah miliki daftar nama wartawan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Namun kami belum tahu pasti, dari puluhan wartawan ini, berapa wartawan yang sudah sertifikasi dan yang belum,” kata Ruslan.

Lebih lanjut Ruslan menyarankan, bagi wartawan yang belum kompeten yang dibuktikan dengan sertifikat lulus UKW, bisa menggunakan kesempatan untuk mendaftarkan diri mengikuti UKW yang bakal diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko.

Kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019, yang akan dibentang 14-16 Maret 2019. ‘’Kabupaten Mukomuko menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019. Salahsatu kegiatan yang digelar PWI Mukomuko yakni ujian kompetensi wartawan,” pungkas Ruslan.(hue)

Berita Lainnya

Mobil Dinas Tak Diizinkan Dibawa Mudik Lebaran

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH menyatakan mobil dinas (Mobnas) tidak diizinkan dibawa ...

error: Content is protected !!