Jumat , 19 April 2019
Home / Metropolis / Pemkot Optimis Waduk Rp 400 M Bisa Terealisasi

Pemkot Optimis Waduk Rp 400 M Bisa Terealisasi

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan membangun waduk guna mengatasi banjir di wilayah Kota Bengkulu tampaknya menjadi hal yang serius. Untuk mewujudkan itu, Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Syafriandi baru saja pulang dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyampaikan usulan pembangunan waduk tersebut.

“Kita baru saja pulang dari kementerian terkait usulan untuk membangun waduk tersebut. Dan hasilnya pihak kementerian menyambut positif niat pemkot untuk membangun waduk mengatasi banjir tersebut. Makanya setelah ini kita akan secepatnya koordinasi dengan Balai Sungai Sumatera VII, terkait konsep pembangunanya” kata Syafriandi kepada RB.

Menurut Syafriandi, usulan proposal pengajuan terhadap Kementerian PU tersebut membutuhkan anggaran pembangunan sekitar Rp 300 sampai Rp 400 miliar optimis terwujud. Sebab anggaran sebesar itu merupakan solusi untuk mengatasi banjir yang terjadi di daerah ini.

“Apalagi warga sekitar Tanjung Agung dan Tanjung Jaya juga menyambut positif untuk pembangunan waduk atasi banjir ini. Sebab waduk itu juga nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar, seperti air baku PDAM, tempat wisata air, budidaya ikan, atau dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian,” bebernya.

Selain itu lanjut Syafriandi, terkait konsep pembangunannya pihaknya juga akan selalu berkoordinasi dengan Balai Sungai Sumatera VII bersama pihak terkait. Sebab dalam pembangunannya tersebut membutuhkan lahan sekitar 11 hektare. “Ya meskipun anggaran pembangunan itu lumayan besar, tapi kita yakin bahwa Kementerian akan membantu. Sebab pihak kementerian saat bertemu memberikan sinyal positif, agar secepatnya akan kita realisasikan agar masyarakat tidak lagi mengeluhkan banjir setiap tahunnya,” jelasnya.

Sementara itu Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bengkulu, Hamsi, Amd mengungkapkan, rencana Pemkot akan membangun sebuah waduk untuk mengatasi persoalan banjir selama ini sah-sah saja dilakukan. Namun terkait rencana tersebut pemkot harus menyampaikan rencana tersebut ke DPRD kota untuk dibahas lebih lanjut.

“Yang jelas rencana pembangunan itu harus dibahas lebih matang dulu. Sebab kita berharap pemkot menyampaikan gagasan ini ke DPRD kota agar bisa dibahas lebih lanjut. Karena pembangunan waduk itu harus dibahas secara kajian matang, agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari,” terang Hamsi.(new)

Berita Lainnya

Pertimbangkan Kenaikan Gaji Ketua RT

BENGKULU – Tuntutan kenaikan gaji Ketua RT/RW se-Kota Bengkulu dari Rp 500 ribu perbulan menjadi ...

error: Content is protected !!