Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Pengajuan Pencairan DD/ADD Masih Nihil

Pengajuan Pencairan DD/ADD Masih Nihil

SELUMA –  Memasuki bulan kedua tahun 2019 ini belum satupun desa pun yang mengajukan rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I. Padahal proses pengajuan rekomendasi ini telah dibuka sejak awal Januari lalu.

‘’Kami sifatnya menunggu. Seharusnya saat ini sudah ada desa yang mengajukan rekomendasi pencairan DD/ADD. Faktanya masih nihil,’’ kata Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Seluma, Drs. Sukran Efendi melalui Kabid PMD, Arlan Aksa, S.Sos.

Dijelaskan Arlan, pantuan pihaknya saat ini umumnya desa yang ada masih melakukan penyusunan Rancangan Anggaran Pembangunan Desa (RAPBDes). Juga masih menyelesaikan laporan pertanggungjawaban DD dan ADD tahun 2018.

‘’Untuk desa yang sudah menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan rekomendasi pencairan, silakan masukkan berkasnya ke PMD. Jika sudah disampaikan, maka kami langsung proses,’’ ujar Arlan.

Pencairan DD dan ADD tahap I ini hingga bulan April mendatang. Namun jika semua persyaratan telah siap, desa diminta segera ajukan persyaratan pencairan.

‘’Makin cepat DD dan ADD tersebut diterima, makin cepat desa merealisasikannya. Jika dari awal telah telat, tentu akan berimbas pada pencairan DD dan ADD tahap berikutnya,” imbuh Arlan.

Dibagian lain Arlan menjelaskan bahwa pencairan DD dan ADD tahap I tahun 2019 ada sedikit perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana dalam pengurusan rekomendasi pencairanharus melampirkan SK Kaur Keuangan yang baru saja terbentuk. ‘’Perbedaanya hanya di Kaur Keuangan saja. Selebihnya sama seperti syarat tahun lalu,’’ demikian Arlan. (aba)

Berita Lainnya

Wakili Seluma, Tim U15 Biaya Sendiri

SELUMA – Heboh video terlantarnya tim U15 Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSBBI), dibantah Ketua ...

error: Content is protected !!