Minggu , 18 Agustus 2019
Home / Breaking News / Sebulan Dilaunching Penjualan Grand New Xenia Tembus 3.726 Unit

Sebulan Dilaunching Penjualan Grand New Xenia Tembus 3.726 Unit

SIBOLGA – Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap penjualan Grand New Xenia yang baru dikenalkan 15 Januari lalu bisa lebih baik dibandingkan pendahulunya. Low MPV ini ditargetkan bisa terjual 3 ribu unit sebulan, naik 20 persen dari rata-rata perbulannya. Target tersebut, hingga 11 Februari atau hampir sebulan sejak dikenalkan, telah mencatat penjualan 3 ribu unit lebih. 

“Kami bersyukur penjualannya melebihi target yang diharapkan, dari 15 Januari-11 Februari SPK-nya 3.726 unit,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation di sela-sela test drive Grand New Xenia, kemarin. 

Dari angka tersebut, selama 16 hari (Januari) sejak dikenalkan ke pasar terjual 1.200-an unit, sisanya hingga 11 Februari. “Sampai dengan 15 Februari (satu bulan pemasaran) nanti kami harapkan bisa terus bertambah,” lanjutnya.

Dari penjualan tersebut, rinciannya model 1.3 X berkontribusi 28 persen, 1.3 R terbanyak dengan 63 persen dan varian tertinggi 1.5 R 9 persen. Tipe 1.500 cc yang merupakan varian baru Xenia ditarget 10 persen dari target 3 ribu unit, secara angka hanya 300 unit, namun SPK yang telah dicapai sebanyak 335 unit. “Artinya target untuk varian 1.500 cc sudah tercapai,” tambahnya.

Varian 1.500 cc sendiri dihadirkan ADM untuk memenuhi pasar yang membutuhkan kendaraan dengan power lebih besar dan upgrade dari model sebelumnya. “Ini hasil survei pasar,” jelasnya. 

Menurutnya, raihan yang dicapai ini cukup baik meski hanya dilakukan minor change pada Xenia. Dari data, Xenia ikut berkontribusi terhadap penjualan Januari dibandingkan periode yang sama 2018. “Meski penjualan Januari turun dibanding Desember 2018, namun penjualan Januari naik 2,4 persen dibandingkan Januari 2018,” katanya. 

Soal indent Xenia, pihaknya berharap bisa memenuhi sesuai dengan retail sales yang ada. Namun ia mematok 1,5-2 bulan dapat terpenuhi. “Tergantung dari daerahnya,” ungkapnya. Sementara Budhy Lau, Regional Manager Sumatera AI-DSO menambahkan, tahun lalu Xenia memberi kontribusi 22 persen terhadap total penjualan 28.482 unit di Sumatera. “Dengan adanya model baru ini kami harap bisa balik lagi ke porsinya, sebelumnya Xenia selalu peringkat dua dalam penjualan terbanyak di Sumatera di bawah Avanza, tahun lalu posisi tiga dengan 5.125 unit,” ujarnya. 

Ia menambahkan, dari total penjualan wilayah Sumatera, kontribusi terbesar disumbangkan Sumut dengan 25 persen, kemudian Riau 20 persen dan Sumsel 19 persen. Amelia Tjandra Marketing Director ADM menambahkan, varian 1.5 ini menambah line up Xenia yang sudah ada. Varian baru ini diakuinya tak akan head to head dengan Mitsubishi Xpander ataupun Toyota Avanza dalam kompetisi otomotif Tanah Air, termasuk rencana Nissan mengenalkan kembaran Xpander dalam waktu dekat.(rei)

Berita Lainnya

Wagub Dijadwalkan Dilantik di Istana

BENGKULU– Hasil Pemilihan Wakil Gubernur (Pilwagub) di DPRD Provinsi Bengkulu sudah diserahkan kepada Menteri Dalam ...

error: Content is protected !!