Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Kaur / Wajib Terlibat Pendataan Awal Penerima Bansos

Wajib Terlibat Pendataan Awal Penerima Bansos

AMANKAN: Para Kapolsek di Kaur siap mengawal pendistribusian dan pendataan bansos di Kaur.

KOTA BINTUHAN – Menindaklanjuti MoU antara Kemensos dan Polri terkait pendataan dan penyaluran bantuan sosial (Bansos). Kemarin (13/2) Dinsos Kaur dan Polres Kaur menggelar sosialisasi terkait dengan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di GSG Pemkab Kaur. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan satgas bansos yang sudah dibentuk sebelumnya.

Dengan adanya kerja sama tersebut maka ke depan pihak desa dan juga pendamping bansos baik itu PKH dan rasta, saat melakukan pendataan penerimaan bansos di setiap desa di Kaur wajib mengikut sertakan Bhabinkamtibmas. Dengan harapan semua penerimaan bansos di Kaur nantinya tepat sasaran dan tidak di salah gunakan.

“Dalam setiap pendataan bansos hingga penyaluran bansos ke depan Bhabinkamtibmas wajib terlibat. Dengan harapan penerima tepat sasaran dan bantuan pun bebas dari kegiatan pungli. Jadi para kepala desa harus paham ke depan semua bansos di setiap desa harus diketahui Bhabinkamtibmas,” kata Ipda I Nengah Subagiarta dari Sat Binmas Polres Kaur kemarin.

Sebelumnya, Sekda Kaur Nandar Munadi, S.Sos, M.Si mengingatkan agar data penerima rasta terus diperbaharui karena seiring waktu ada yang pindah. Kemudian ada juga yang tidak lagi menjadi warga miskin atau pun sudah ada yang meninggal. Untuk itu dalam setiap pendataan ke depan harus selalu melibatkan Polri sesuai hasil MoU antara Polri dan Kemensos RI.

Sekda juga menghimbau agar para pendamping PKH, untuk dapat memastikan kalau bantuan sudah tepat sasaran. Dan sebagai pendamping desa, juga harus serius dan bertanggungjawab dalam menjalankan tugas. “Saya berharap bansos termasuk PKH di Kaur ini bisa diterima dengan masyarakat sesuai prosedur. Dan penerimanya itu adalah orang yang tepat, untuk itu kita sangat mendukung MoU antara Kemensos dan Polri ini. Sehingga ke depan tidak ada lagi warga miskin tidak dapat bantuan, sementara yang tidak terlalu miskin dapat bantuan,” kata Nandar Munadi.(cik) 

Berita Lainnya

20 PNS Disanksi Tunda Naik Gaji

KOTA BINTUHAN – PNS bolos di hari pertama kerja pascalibur lebaran lalu, akhirnya dijatuhi sanksi ...

error: Content is protected !!