Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Warga Luar Kabupaten Bisa Jadi Perangkat

Warga Luar Kabupaten Bisa Jadi Perangkat

KOTA MANNA -Proses pemilihan perangkat desa di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) bisa diikuti warga dari luar wilayah Kabupaten BS. Ini diperbolekan, karena dalam proses pemilihan perangkat desa, tidak dibolehkan memonopoli perangkat desa yang akan dipilih menjadi perangkat desa.

Guna membangun tata kelola pemerintahan desa yang transparan, Inspektorat Kabupaten BS melarang seluruh para kepala desa (Kades) melakukan monopoli pemilihan perangkat desa. Ini menyusul adanya perubahan Permendagri No 83 Tahun 2015 jadi Permendagri No 67 Tahun 2017 yang menetapkan, bahwa untuk memilih perangkat desa, warga dari luar Kabupaten BS juga punya hak untuk menjadi calon perangkat desa.

Sekertaris Inspektorat kabupaten BS Asih Kadarina, M.Pd, menjelaskan saat ini banyak juga ditemukan perangkat desa yang menjabat, adalah warga desa setempat. Padahal, Permendagri mengatur mengenai perangkat desa untuk tak dimonopoli oleh kepala desa.

Ini karena dalam proses pemilihan perangkat desa, pihak desa wajib bentuk tim seleksi, terkait dengan perangkat desa yang akan menjabat. “Perangkat desa tidak mesti dari desa setempat. Karena dalam aturan baru, boleh dari luar daerah,” terang Asih.

Lebih lanjut dikatakan Asih, terkait dengan keikutsertaan calon perangkat desa berasal dari luar kabupaten, harus dilibatkan. Ini karena salah satu indikator keberhasilan demokrasi di tatanan desa, ada keterlibatan warga luar kabupaten untuk memajukan suatu daerah.  ‘’Ya itukan indikator untuk keterbukaan berdemokrasi di kabupaten,” demikian Asih.(tek)

Berita Lainnya

Tak Dibolehkan Miliki 2 Randis

KOTA MANNA –Banyaknya aset bergerak berupa kendaraan dinas (Randis) yang dianggap tak tepat peruntukannya, jadi ...

error: Content is protected !!