Senin , 17 Juni 2019
Home / Pemilu / 510 Calon Pengawas TPS Kembalikan Berkas

510 Calon Pengawas TPS Kembalikan Berkas

BENGKULU – Penutupan pendaftaran calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) masih sepekan lagi yakni 21 Februari 2019. Hingga kemarin (14/2),

antusiasme para pendaftar calon Pengawas TPS cukup banyak. Tercatat para pelamar yang sudah memasukkan berkas lamaran ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu sebanyak 510 orang.

Ketua Bawaslu Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad, SHI mengatakan berkas yang sudah masuk tersebut akan dilakukan verifikasi setelah proses pendaftaran ditutup. “Untuk total yang akan kita rekrut nanti sebanyak 1.007 sesuai dengan jumlah TPS di Kota Bengkulu,” jelas Rayendra.

Rayendra mengatakan ada beberapa tugas Pengawas TPS nantinya sesuai pasal 114 dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yakni, mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan perhitungan suara, mengawasi pelaksanaan perhitungan suara dan mengawasi pergerakan penghitungan suara dari TPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Dalam melakukan tugas-tugasnya tersebut, pengawas TPS juga berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukan dugaan pelanggaran, kesalahan dan atau penyimpangan administrasi pemungutan suara dan penghitungan suara. Kemudian, juga berwenang menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan dan penghitungan suara dan melaksanakan kewenangan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pengawas TPS sendiri berkewajiban menyampaikan laporan hasil pengawasan baik saat proses pemungutan suara dan penghitungan suara kepada Panwascam melalui Panswaslu Kelurahan,” terang Rayendra.(zie)

Berita Lainnya

Situng Dipersoalkan, KPU Sebut Tidak Tepat

JAKARTA – Para pihak yang bersengketa atas hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) akan beradu ...

error: Content is protected !!