Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tetapkan Tsk DD Tunggu Hasil Pemeriksaan Auditor

Tetapkan Tsk DD Tunggu Hasil Pemeriksaan Auditor

ARGA MAKMUR – Penyidik Kejari Bengkulu Utara (BU) akan segera menetapkan tersangka dugaan korupsi Dana Desa (DD) Karya Pelita, Kecamatan Marga Sakti Sebelat. Jaksa hanya tinggal melalui satu tahap lagi yakni hasil pemeriksaan Inspektorat yang akan menjadi bukti kunci terjadinya tindak pidana korupsi.

Diperkirakan ada kerugian negara hampir Rp 500 juta dalam kasus ini. “Tinggal itu untuk memperkuat adanya kerugian negara dalam pelaksanaan DD Karya Pelita 2017,” terang Kajari BU, Fatkuri, SH, kemarin (14/2).

Penyidik juga akan kembali memeriksa kepala desa. Jika nanti sudah cukup bukti, jaksa akan segera menetapkan tersangka dan melakukan penahanan. “Orang yang kita duga bertanggungjawab akan kita panggil lagi untuk diperiksa. Jika memang semua unsur sudah terpenuhi, kita tetapkan tersangka,” tegasnya.

Fatkuri juga tak menampik akan melakukan penahanan setelah penetapan tersangka. Hal ini dilakukan untuk mempercepat perjalanan kasus dan mempermudah jika memang dibutuhkan penambahan berkas keterangan dari tersangka.

Ditambahkannya, ia tidak ingin setelah penahanan penyidik masih sibuk melengkapi berkas sehingga memakan waktu penuntutan. Saat menetapkan tersangka penyidik sudah harus memiliki berkas yang lengkap sehingga saat melakukan penahanan sudah tinggal menyelesaikan rencana penuntutan.      “Sehingga waktu penahanan di kejaksaan atau penyidik tidak terlalu lama. Berkasnya bisa langsung kita limpahkan ke pengadilan untuk menjalani persidangan,” terangnya.(qia)

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!