Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Kaur / Baru Satu Galian C Perpanjang Izin

Baru Satu Galian C Perpanjang Izin

KOTA BINTUHAN – Tahun 2018, ada enam galian C di Kaur yang izinnya habis dari 18 galian C yang terdaftar sekarang. Kendati sudah memasuki bulan kedua tahun 2019, baru satu galian C yang telah memperpanjang izin ke Dinas ESDM Provinsi Bengkulu. Kini sudah ditembuskan ke Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur.

Izin yang sudah diperpanjang tersebut adalah galian C milik Drs. Nexson di Desa Karang Dapo, Kecamatan Semidang Gumay. Semenara lima galian C lain belum juga memperpanjang izin. Kelima galian C yang sudah habis izinnya adalah galian C milik Rosdy Saveno di Desa Air Palawan, Kecamatan Nasal.

Kemudian galian C mili CV Prima Mitra Sejati di Desa Tanjung Betuah, Kecamatan Nasal. Galian C milik Wayati di Desa Ulak Agung, Padang Guci Hilir. Galian C milik Kisno Winato di Desa Jawi, Kecamatan Kinal. Terakhir galian C milik PT Rico Putra Selatan di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Kemuning.

“Surat tembusannya sudah disampaikan pada kita. Lima lainnya belum jelas, mungkin masih dalam proses. Kalau sudah ada pasti akan sampai ke kita perpanjangan izinnya,” terang Kabid Pendapatan BKD Kaur, Doni Fidiansyah.

Dengan matinya izin, menurut Doni lima galian C tersebut harus mengakhiri kegiatannya. Bila masih bisa dihentikan oleh penegak hukum. Karena tanpa perpanjangan izin, pengambilan batu, pasir dan koral tidak bisa diteruskan lagi tahun 2019 ini.

Selain galian C yang habis izinnya, juga masih banyak terdapat kegiatan galian C ilegal di Kaur. Perlunya pengawasan dari pemerintah dan aparat, jangan sampai merusak lingkungan dan merugikan negara. “Galian C yang sudah mati izinnya sudah kita dapatkan daftarnya dan akan dicek. Apakah masih melakukan kegiatan penambangan atau tidak. Kita juga akan razia galian C ilegal,” singkat Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat, S.IK melalui Kasat Reskrim Iptu Welli Wanto Malau, S.IK,MH.(cik) 

Berita Lainnya

Usulan Anggaran Pilkada Rp 49 Miliar

KOTA BINTUHAN – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) saat ini tengah menggodok usulan dana pemilihan ...

error: Content is protected !!