Minggu , 25 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Disediakan 60 Lapak Baru Untuk Pedagang

Disediakan 60 Lapak Baru Untuk Pedagang

LAPAK: Lahan pasar yang lama diratakan untuk dibangun 60 lapak baru untuk pedagang Pasar Ampera.

PASAR MANNA  – Setelah dilakukan perataan bagunan kosong di area Pasar Ampera berberapa hari lalu, Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Bengkulu Selatan (BS) menyiapkan 60 lapak baru. Lapak tersebut untuk menampung pedagang yang masih berjualan di area parkir dan badan jalan yang di larang pemerintah.

Kadis Perindagkop UKM BS, Herman Sunarya, SH, MM, menjelaskan setiap pedagang yang dulu berjualan di area terlarang oleh pemerintah, akan ditampung ditempat yang baru. Untuk pembangunan lapak akan diserahkan sepenuhnya ke para pedagang.

Adapun lapak untuk para pedagang ukurannya 1,5 x 2 meter. Meski pembangunan lapak sepenuhnya diserahkan kepada pedagang, tapi Disperindagkop meminta agar bangunan lapak diseragamkan. Ini maksudnya agar terlihat rapi dan tidak terkesan berantakan.

“Tujuan kita menggusur bangunan lama yang selama ini tak terpakai untuk mereka (pedagaang pasar ampera). Dan para pedagang ini selama ini tak memiliki tempat,” terang Herman.

Lanjut Herman, pada tempat berjualan baru tersebut dibuat tiga baris dimana setiap barisnya menampung 20 lapak. Menariknya, pedagang tidak dikenakan tarif untuk sewa lapak pertahunnnya. Tapi untuk biaya retribusi per hari tetap ada. Akan tetapi besaran biaya disesuiakan dengan aturan yang ada.

“Kita akan ambil retribusi dari pedagang per hari. Pada pedagang secepatnya bisa mengkondisikan tempatnya yang bakal ditempati supaya pasar cepat tertata,” ujar Herman.

Perlu diketahui, selama ini pedagang Pasar Ampera masih berjualan di badan jalan dan area parkir yang membuat kesemerawutan. Hingga Disperindagkop membuat langkah mendirikan area lapak baru hingga penataan pasar menjadi rapi.(tek)

Berita Lainnya

Bebas, Reskan Siap Maju Pilkada

PASAR MANNA – Usai menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Manna selama 32 bulan, ...

error: Content is protected !!