Jumat , 28 Februari 2020
Home / Metropolis / Muat 100 Orang, Lapas Anak Tuntas Tahun Ini

Muat 100 Orang, Lapas Anak Tuntas Tahun Ini

BENGKULU – Rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) akan direalisasikan tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 20 miliar. Pembangunan LPKA ini ditarget selesai Oktober 2019 ini sehingga pada akhir tahun sudah bisa dioperasionalkan.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil KemenkumHAM) Provinsi Bengkulu, Ida Asep, S.Sos, MM. Dibeberkannya, untuk lahan pihaknya sudah mendapatkan lahan hibah seluas 12 ribu meter persegi dari Pemerintah Kota (Pemkot) yang berlokasi di Kelurahan Bentiring.

“Rencana pembangunan akan dilaksanakan tahun ini juga, dan sekarang sudah dalam proses pelelangan untuk manajemen kontruksi dan diharapkan sebelum akhir tahun 2019 ini itu sudah selesai dan sudah bisa dioperasionalkan,” beber Ida Asep.

Disampaikan pula, mengingat LPKA yang ada sekarang ini masih menyatu dengan Lapas Kelas IIA Bentiring yang dinilai memang sudah tidak optimal lagi dalam hal melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan terhadap napi anak tersebut. “Untuk kapasitasnya rencananya sebanyak 100 orang. Mengingat jumlah sekarang masih sekitar 67 orang untuk warga binaan anak. Dengan adanya program Diversi tentu saja tingkat hunian LPKA semakin bisa ditekan karena proses diversi juga cukup banyak,” tambahnya.

Ida Asep optimis dengan anggaran sebesar Rp 20 miliar tersebut bisa selesai sebelum Desember 2019 mendatang. Sehingga setelah pembangunan selesai maka warga binaan anak yang ada di Lapas Bentiring sudah bisa dipindahkan ke Lapas Anak tersebut. “Harapan kami tahun ini sudah bisa operasionalkan dan pindah ke sana, Meskipun di perencanaan selesai pada Desember tapi ingin coba sebelum bulan Oktober sudah bisa selesai, jadi menjelang akhir tahun sudah bisa pindah kesana,” demikian Ida Asep yang akan pindah tugas di Kadiv Administrasi di Kanwil KemenkumHAM Lombok ini. (zie)

Berita Lainnya

Kominfosan Tak Pernah Ajukan Lelang

BENGKULU – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Bengkulu memang tidak pernah melakukan lelang …