Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Buat RAB Pembangunan Wajib Berdayakan KDT

Buat RAB Pembangunan Wajib Berdayakan KDT

KOTA MANNA – Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bengkulu Selatan (BS) minta pemerintah desa (Pemdes) lebih berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa (DD) tahun 2019. Juga dalam membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan desa wajib memberdayakan Kader Teknis Desa (KDT).

Kabid BPMD BS, Hamdan Sarbaini, S.Sos, menjelaskan dalam membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan desa, wajib memberdayakan Kader Teknis Desa (KDT) yang di SK-kan Kepala Desa dan dibantu dengan Pendamping Desa Teknik Infrastuktur (PDTI).

Ini wajib dipatuhi, karena selama ini Pemdes kerap memakai jasa konsultan dengan biaya yang cukup fantastis dan diambil dari PAGU anggaran kegiatan pembangunan. ‘’Saya sampaikan ini supaya jangan sampai pemerintah di desa tersandung hukum akibat salah menggunakan DD,” terang Hamdan.

Dijelaskan Hamdan, setelah berkoordinasi dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D,  ternyata memakai jasa konsultan dengan biaya yang cukup fantastis itu tak boleh dilakukan. Sebab maksimal biaya yang boleh dikeluarkan sesuai dengan aturan berlaku. ‘’Untuk biaya perencanaan maksimal 3 persen dari total Pagu anggaran,’’ jelas Hamdan.

Lanjut Hamdan, jika KDT dan PDTI tak mampu maka Pemdes bisa membuat surat pernyataan, tak mampu dan diserahkan kepada pihak BPMD. Berdasarkan surat tersebut BPMD dan TP4D akan rekomendasikan bantuan perencanaan dengan OPD teknis.

Tentu yang berkompeten yakni Dinas PUPR. Jasa konsultan dalam perencanaan pembangunan desa tak dibolehkan. Mulai tahun 2019 sudah diterapkan. Kalau  dilanggar, Inspektorat Daerah siap mengaudit. ‘’Alasannya, karena hal itu bisa dikategorikan pungli dan siap siap berurusan dengan hukum,” demikian Hamdan.(tek)

Berita Lainnya

Nekat Pancing Walet dari Atas Gedung, Warga Pasar Manna Tewas

SEGINIM–  Naas dialami Novian Hidayat (36) warga Jalan Iskandar Baksir, Kecamatan Pasar Manna. Korban tewas ...

error: Content is protected !!