Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Pantai Dipenuhi Sampah DLHK Turunkan 2 Unit Alat Berat

Pantai Dipenuhi Sampah DLHK Turunkan 2 Unit Alat Berat

PANTAU: Kepala Dinas Ligkungan Hidup dan Kehutanan Erwin Mucksin, S.Sos pantau dua alat berat yang membersihkan sampah di Pantai Pasar Bawah, kemarin (18/2).

KOTA MANNA – Menjadikan Pantai Pasar Bawah bersih dari sampah dan serpihan kayu, kemarin (18/2), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan (BS) turunkan 2 unit alat berat dan seluruh truk pengangkut sampah. Hasilnya, 40 truk sampah dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Tebing Kayu Arau.

Kepala DLHK BS Erwin Mucksin mengatakan guna membantu petugas kebersihan pantai, DLHK langsung menurunkan 2 unit alat berat. Area pantai yang dibersihkan meliputi sepanjang bibir pantai Pasar Bawah.

Bukan hanya sampah yang diangkut, kayu-kayu besar bawaan ombakpun ikut diangkut setelah dipotong menggunakan mesin pemotong. Rencana setelah area pantai bersih akan melakukan penghijauan di sepanjang pantai agar terlihat lebih menarik.

“Kebersihan besar-besaran ini bukan karena ingin menghadapi HUT BS tapi memang program Plt Bupati Gusnan Mulyadi, SE, MM yang sudah lama direncanakan,” terang Erwin saat berada di lokasi pantai.

Lanjut Erwin, agar pengunjung pantai tidak membuang sampah disembarang tempat, pihaknya akan menyediakan bak sampah di sepanjang pantai. “Nanti 40 petugas kebersihan ikut mengawasi pengunjung yang buang sampah sembarangan serta pedagang di pantaipun harus ikut menjaga,” ujarnya.

Ditegaskan, membuang sampah sembarangan di lokasi wisata serta pedagang yang tidak menjaga kebersihan, akan dikenakan sanksi. “Bila kedapatan bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan, sanksi tegas siap diberikan,” ungkap Erwin.

Dari pantauan RB kemarin siang sepanjang pantai Pasar Bawah sudah bersih dari tumpukan sampah. Tapi sampah dari bawaan ombak laut tetap menjadi ancaman. “Anggota kita setiap harinya akan mengatasi itu,” demikian Erwin.(tek)

Berita Lainnya

Demo Tuntut Warga Diperkerjakan, Batal

PINO RAYA – Adanya rencana aksi demo warga desa Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya ...

error: Content is protected !!