Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Bawaslu Masih Kekurangan Pengawas TPS

Bawaslu Masih Kekurangan Pengawas TPS

DAFTAR: Warga sedang mendaftar menjadi pengawas TPS, kemarin (19/2) di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Seginim.

KOTA MANNA – Waktu pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan ditutup pada 21 Februari nanti. Meski begitu, jumlah pendaftar yang masuk ke Bawaslu Bengkulu Selatan (BS)  maih jauh dari kuota yang dibutuhkan. Dari kebutuhan sebanyak 1.012 orang, hingga kemarin (19/2) baru ada 731 pendaftar. Artinya, masih ada kekurangan sebanyak 281 orang pengawas TPS.

Ketua Bawaslu BS, Azes Digusti, S.Kom mengatakan, masih akan menunggu penerimaan pengawas TPS sampai tanggal 21 Februari. “Semoga hingga hari terakhir pendaftaran kuota bisa terpenuhi,” harapnya.

Idealnya, ujar Azes, jumlah pendaftar untuk pengawas TPS lebih dari kuota yang dibutuhkan sehingga ada cadangan untuk antisipasi jika dilakukan pergantian. Namun, saat ini pihaknya fokus dulu untuk memenuhi kuota terlebih dahulu sebanyak 1.012 orang sesuai jumlah TPS yang ada. Dari 11 kecamatan yang ada, Kecamatan Pino Raya menjadi wilayah dengan jumlah pendaftar paling banyak disusul Kecamatan Kota Manna.

Tersendatnya pendaftar untuk pengawas TPS tersebut diperkirakan karena adanya batasan usia minimal 25 tahun. Padahal, usia di bawah 25 tahun banyak juga yang berminat untuk menjadi pengawas TPS. Untuk itu, jika hingga hari terakhir pendaftaran jumlahnya belum mencapai kuota yang dibutuhkan, Bawaslu akan melakukan perpanjangan pendaftaran. Sesuai jadwal, perpanjangan pendaftaran akan dilakukan pada 25-27 Februari.

“Ketika perpanjangan sudah dilakukan dan jumlah pendaftar belum memenuhi, kami bisa menerima pendaftar dari luar wilayah,” kata Azes.

Untuk itu, dari hari yang tersisa ini diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang berminat menjadi pengawas TPS. Tugasnya adalah melakukan pengawasan selama pelaksanaan pemungutan suara di TPS. “Yang jelas, pengawas TPS akan mendapatkan honor,” tutupnya. (tek)

Berita Lainnya

Proyek Taman Bunga Putus Kontrak

KOTA MANNA – Pekerjaan proyek Taman Bunga Matahari dalam halaman Sekretariat Pemkab  Bengkulu Selatan (BS), ...

error: Content is protected !!