Sabtu , 21 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Daftar Sekarang, Berangkat 16 Tahun Kemudian

Daftar Sekarang, Berangkat 16 Tahun Kemudian

CURUP – Jumlah umat muslim di Kabupaten Rejang Lebong (RL) yang berniat dan berminat menunaikan ibadah haji semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan hingga kemarin daftar Waiting list haji sudah mencapai angka 3.965 orang. Dan jika dihitung dengan jumlah kuota keberangkatan setiap tahunnya, maka daftar sekarang baru bisa berangkat tahun 2035 atau 16 tahun mendatang.

Dijelaskan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag RL Drs. H. Lapulangi, MM melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Akhmad Hafizuddin, M.Hi, kuota haji sampai saat ini belum ada perubahan. Dimana seperti tahun lalu, kuota Kabupaten RL mencapai 235 jemaah. ‘’Tapi kita belum tahu apakah nanti ada perubahan jumlah kuota dari pusat,’’ terang Hafizuddin.

Ditambahkan Hafizuddin, banyaknya warga dalam 15 kecamatan se-kabupaten RL yang mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji menunjukan tingginya kesadaran umat Islam di Kabupaten RL. Terutama untuk niat menjalankan rukun Islam kelima yaitu naik haji bila mampu. Serta adanya peningkatan perekonomian masyarakat karena sudah mampu mau menunaikan ibadah haji.

‘’Kalau untuk jumlah BPIH (biaya penyelenggaraan ibadah haji, red) kita belum dapat kepastian. Karena saat ini masih menunggu proses pengajuandari Kemenag RI kepada DPR-RI. Kalau untuk BPIH tahun sebelumnya, ONH (ongkos naik haji, red) jemaah Rejang Lebong lebih dari Rp 33 juta/orang,’’ imbuh Hafizuddin.(dtk)

Berita Lainnya

Syarat Calon Bupati Independen Diperketat

CURUP – Untuk syarat menjadi pasangan calon bupati (Cabup)/wakil bupati (wabup) melalui jalur independent membutuhkan ...

error: Content is protected !!