Senin , 17 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Gianto: Maret DD Harus Sudah Cair

Gianto: Maret DD Harus Sudah Cair

DANA DESA: Kadis PMD Mukomuko Gianto saat dikonfirmasi terkait dana desa 2019, kemarin.

MUKOMUKO – Tahun 2019 realisasi pencairan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD), sepertinya kembali lewat dari triwulan pertama. Artinya bakal sama seperti dua tahun terakhir, DD dan ADD baru bisa cair pada triwulan kedua. JIka ini terjadi lagi-lagi serapan DD dan ADD bakal lambat seperti tahun lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mukomuko, Gianto, SH, M.Si, menjelaskan akan mengupayakan awal Maret, DD dan ADD sudah ada yang cair. Ini dapat terwujud jika pemerintah desa (Pemdes)nya cekatan. Cepat menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) ke kecamatan. Minggu pertama Maret kita upayakan sudah ada yang cair. Sampai sekarang masih terus diusahakan,” ujar Gianto.

Dijelaskannya pihaknya sudah melakukan sejumlah upaya. Diantaranya dengan memperpendek rentan kendali atas evaluasi RAPBDes dan kewenangan evaluasi sudah diserahkan ke pemerintah kecamatan. Kemudian juga, sudah memberikan petunjuk ke kecamatan. Supaya secepatnya mengevaluasi RAPBDes yang sudah masuk.

‘’Sudah kita beritahukan, berapapun yang masuk langsung proses evaluasi. Jangan lagi menunggu harus banyak dulu. Apalagi itu menunggu harus masuk seluruh RAPBDes dari desa. Pokoknya berapapun yang masuk, langsung kita evaluasi,” tegas Gianto.

Jika cepat selesai dievaluasi oleh kecamatan dan diperbaiki Pemdes, Dinas PMD mengupayakan segera diproses di Badan Keuangan Daerah (BKD). Meskipun baru 10 desa yang baru selesai di minggu pertama Maret, tetap kita minta BKD memproses. Kita buktikan supaya yang lain makin termotivasi. Siapapun yang duluan, maka duluan juga dicairkan,” jelas Gianto.

Tetapi Gianto tidak menampik, sejumlah tantangan sedang berlangsung. Bisa berpotensi menghambat percepatan pencairan DD dan ADD. Kades hingga camat sedang sibuk dengan kegiatan Hari Jadi Kabupaten Mukomuko ke-16. Ditambah lagi agenda kunjungan Menteri di Mukomuko.

Kemudian setelah itu disibukkan dengan menyukseskan pencatatan rekor MURI Tari Gandai Massal. Yang digelar dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Bengkulu. Dengan Kabupaten Mukomuko sebagai tuan ruamh. ‘’Tapi kami minta para kades dan kecamatan secepatnya menuntaskan berbagai syarat untuk dapat mencairkan DD dan ADD,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Tiga Dinas Raih Catatan Merah

MUKOMUKO – menjelang berakhir triwulan dua tahun anggaran 2019 di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), ...

error: Content is protected !!