Minggu , 8 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Informasi Desa Harus Diketahui Publik

Informasi Desa Harus Diketahui Publik

BENTENG – Seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) diharapkan bisa terbuka dalam memberikan informasi kepada publik. Karena, informasi yang disampaikan demi kepercayaan terhadap penyelenggara pemerintahan di desa. Hal ini disampaikan oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Bengkulu, Albert Satya Jaya, SE. “Apalagi saat ini penggunaan anggaran Dana Desa dikelola pihak desa,” terangnya, kemarin (22/2).

Untuk hal ini, KIP Bengkulu akan memfasilitasi kerja sama melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD). Di Benteng ada 142 desa yang diharapkan bisa menyampaikan keterbukaan informasi. Apalagi yang berkaitan dengan penggunaan anggaran di tingkat desa.

Dengan keterbukaan informasi, akan menghindari saling lapor terutama yang disampaikan oleh pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan pola pemerintahan. Terutama menyangkut kegiatan fisik yang tentunya memerlukan keterbukaan. Muli dari perencanaan hingga pelaksanaan dan juga proses akhir atau hasil kegiatan. Karena, semua harus dipaparkan supaya tidak menimbulkan anggapan negatif dari semua kegiatan. “Keterbukaan informasi akan mengurangi anggapan negatif,” ujarnya.

Senada juga disampaikan Kepala Inspektorat Daerah (Ipda) Kabupaten Benteng, H. Meizuar, SH, MH. Dikatakannya, keterbukaan dalam mengelola Dana Desa (DD) untuk keperluan masyarakat desa, akan meminimalisir kesalahan. Kasus Kades dan mantan Kades yang sudah diproses hukum untuk Kabupaten Benteng sebanyak 3 orang yakni mantan Kades Gajah Mati, Mantan Kades Paku Haji dan Kades Karang Tinggi menjadi pelajaran penting. Jangan sampai hal tersebut terulang kembali.

“Pejabat tingkat desa yang diproses hukum tersebut berawal karena tidak transparannya pengelolaan anggaran yang seharusnya untuk kepentingan umum,” kata Meizuar.

Demi menghindari terjadinya hal tersebut, Meizuar berharap segenap komponen yang ada di desa bisa dilibatkan apabila melakukan perencanaan penggunaan anggaran yang ada di masing-masing desa. (vla)

Berita Lainnya

Hasil Uji Petik, Terminal Pasar Pedati Potensial

BENTENG – Terminal Pasar Pedati dinilai potensial untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah dari retribusi. Hasil ...

error: Content is protected !!