Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kembalikan Fungsi Lahan Persawahan

Kembalikan Fungsi Lahan Persawahan

TERBENGKALAI: Lahan persawahan banyak yang terbengkalai karena minimnya sarana pendukung seperti irigasi.

BENTENG – Dalam rangka mengejar target swasembada pangan, beberapa lahan pertanian atau persawahan yang tidak bisa tergarap maksimal, akan dikembalikan fungsinya sesuai jalur yang sebenarnya. Misalnya lahan sawah harus kembali dijadikan sawah untuk mendongkrak hasil pertanian bahan pokok yakni padi.

Perencanaan tersebut juga akan didukung oleh peningkatan sarana yang ada. Misalnya pembangunan beberapa saluran irigasi. “Total ada 9 titik irigasi yang masuk ke lahan sawah warga yang siap dibangun tahun ini,” terang Kabid Sarana dan Lahan Dinas Pertanian dan Peternakan Bengkulu Tengah (Benteng), Deni Napitupulu, S.Sos, kemarin (22/2).

Selain pembangunan saluran kecil irigasi, juga akan ada pembangunan sarana induk irigasi. Misalnya di lokasi persawahan Padang Segaro antara Kecamatan Karang Tinggi dan Taba Penanjung. Pekerjaan untuk irigasi besar tersebut akan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Benteng.

Kadis PUPR Benteng, Rachmat Riyanto, MT mengaku, tahun ini akan ada 2 kegiatan terkait peningkatan sarana penunjang pertanian. Karena, program swasembada pangan juga ikut dilibatkan selain Dinas Pertanian dan Peternakan yang langsung berkaitan dengan teknisnya.

“Untuk Dinas PUPR, hanya melaksanakan pembangunan fisik, sementara sarana pertanian lainnya seperti bibit semuanya di Dinas Pertanian dan Peternakan,” demikian Rachmat. (vla)

Berita Lainnya

Badan Anggaran Dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Mulai Bahas Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara

BENTENG – Badan Anggaran DPRD Benteng dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah, Selasa (22/10) mulai membahas ...

error: Content is protected !!