Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Rp 11,968 Miliar untuk 34 Kelurahan

Rp 11,968 Miliar untuk 34 Kelurahan

CURUP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menyebut tahun anggaran (TA) 2019 dana kelurahan akan mulai disalurkan untuk 34 kelurahan yang ada di Kabupaten RL. Nilai dana kelurahan dari APBN tersebut, mencapai Rp 11,968 miliar atau lebih kurang Rp 352 juta untuk setiap kelurahan.

Dijelaskan Kadis PMD Kabupaten RL Gunawan Firmansyah melalui Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana kepada RB, penyaluran dana untuk 34 kelurahan tersebut langsung dari pemerintah pusat. Dimana 34 kelurahan di Kabupaten RL tersebut dinilai sudah masuk dalam kelurahan kategori baik.

Penyaluran dana kelurahan tersebut, sambung Bobby, memiliki tiga kategori atau klasifikasi. Masing-masing kelurahan yang baik, kelurahan yang perlu diperbaiki dan kelurahan yang sangat perlu diperbaiki. Sehingga besaran dana kelurahan juga sudah langsung dibagi dari pusat sesuai klasifikasi kelurahan.

Ditambahkan Bobby, penyaluran dana kelurahan tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah khususnya pasal 30 ayat (7) PP No.17/2018 tentang Kecamatan. Dimana disebutkan dana kelurahan di kawasan kota yang tidak memiliki desa minimal, 5 persen dari APBD setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK). Sedangkan bagi kabupaten yang memiliki desa dan kelurahan, anggaran kelurahan harus diberikan minimal sebesar dana desa terendah yang diterima oleh desa di kabupaten atau kota tersebut.

‘’Seharusnya dana kelurahan yang diterima Rejang Lebong ini sebesar Rp 860 juta sesuai angka terendah desa penerima DD. Tapi karena kelurahan di Rejang Lebong masuk dalam kategori kelurahan baik, besarannya sudah diatur sebesar Rp 352 juta. Nantinya kelurahan juga akan ditambah dana pembinaan kelurahan atau DPK dari APBD sebesar Rp 50 juta per tahun. Namun dananya baru akan dianggarkan dalam APBD perubahan 2019 nanti,’’ imbuh Bobby.(dtk)

Berita Lainnya

Awas, Ranjau Besi!

CURUP – Tim Patroli Satuan Sabhara Polres Rejang Lebong (RL) terus meningkatkan upaya pengamanan di ...

error: Content is protected !!