Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tanpa SK Provinsi, Gaji Guru Honorer Tak Dibayar

Tanpa SK Provinsi, Gaji Guru Honorer Tak Dibayar

BENTENG – Bagi sekolah tingkat SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), dalam merekrut tenaga honorer terutama untuk guru harus dengan SK Provinsi. Tanpa hal itu, gaji guru honorer tersebut tidak bisa dibayarkan.

“Karena pembayaran gajinya dipakai dari komite,” jelas Kasi SMA dan Paket C, Dikbud Provinsi Cabdin Benteng, Adang Parlindungan, SH, kemarin (22/2).

Dijelaskannya, selain tidak akan bisa menerima gaji, guru yang tanpa SK Provinsi tersebut tidak akan bisa mengurus NUPTK sebagai syarat sertifikasi. “Sertifikasi juga ada untuk tenaga guru selain yang berstatus PNS,” katanya.

Untuk itu, diingatkan oleh Adang, bagi sekolah yang ingin mencoba merekrut tenaga honorer sepihak, supaya siap untuk pembayaran gajinya. Karena, tidak akan ada anggaran lain selain yang memegang SK dari Dikbud Provinsi.

Saat ini, disampaikan Adang, pihaknya juga tengah melakukan evaluasi terutama untuk pemerataan guru. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada sekolah yang mengalami kekurangan guru terutama yang berstatus PNS. Seperti yang dialami SMAN 7 Benteng yang hanya ada 1 orang berstatus PNS, dan itupun untuk kepala sekolahnya. Selebihnya, semua guru dan staf sekolah masih berstatus honorer.

Sementara itu, Kepala SMAN 7 Benteng, Kasman Afrianto, S.Pd mengaku, memang berat untuk membiayai honorer, karena semua biaya saat ini dari sekolah. Namun, dirinya tidak akan berputus asa, dan terus berupaya agar ada penempatan guru yang berstatus PNS, baik itu melalui pemerataan guru ataupun dari hasil rekrutmen CPNS lalu.

“Sudah ada sinyal positif, kami akan mendapatkan tenaga tambahan guru berstatus PNS sebanyak 5 orang,” demikian Kasman. (vla)

Berita Lainnya

Perbaikan Jalan Tunggu Anggaran Pusat

BENTENG – Jalan lintas Kelindang (Kecamatan Merigi Kelindang)- Susup (Kecamatan merigi Sakti) yang amblas karena ...

error: Content is protected !!