Selasa , 18 Juni 2019
Home / Breaking News / Wujudkan Mimpi ke Luar Negeri Melalui Peluang berikut

Wujudkan Mimpi ke Luar Negeri Melalui Peluang berikut

SEPERTI kiasan Bung Karno : Gantungkanlah mimpimu setinggi langit, maka jika kau jatuh kau akan jatuh di antar bintang-bintang. Sebagai pemuda kita harus punya impian-impian besar yang dapat membuka mata kita lebih luas tentang dunia. Salah satu caranya adalah mengikuti kegiatan exchange, ataupun scolarship luar negeri. Beberapa orang beranggapan bahwa program-program semacam ini dapat mengganggu kuliah ataupun pekerjaan. Namun, sebenarnya program seperti ini memberikan manfaat yang sangat baik untuk perkembangan kita di masa depan, baik secara personal maupun edukasi. Disamping bertujuan untuk menambah wawasan dunia serta budaya negara lain, kalian bisa memperbaiki kemampuan bahasa asing serta punya kesempatan untuk mengembangkan sayap dan career ke ranah Intenasional. Berikut peluang-peluang yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan pengalaman luar negeri.

  1. PPAN

Kalian yang ingin jadi duta pemuda, delegasi bangsa, bisa mengikuti kegiatan yang di adakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yakni program Pertukaran-Pemuda Antar Negara (PPAN). Program PPAN telah diselenggarakan Kemenpora sejak tahun 1974 dan terbuka untuk para pemuda Indonesia yang memenuhi kriteria dan lolos proses seleksi di Provinsi masing-masing. Pada tahun 2018, ada 7 program PPAN yang masih berjalan yakni Australia, Korea, India, Singapura, dan Kapal Pemuda Jepang-ASEAN (SSEAYP).

Setiap program memiliki kuota yang berbeda-beda untuk jumlah peserta dalam setiap program tidak mewakili ke-34 provinsi, sehingga jumlah kuota setiap tahunnya dapat berubah sesuai kebijakan yang ditentukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Durasi kegiatan juga akan   berbeda tergantung tujuan program, ada yang bersifat cultural exchange ada yang berbentuk comunity development, dan ada pula yang berupa pengembangan bisnis start-up. Dalam mengikuti program ini YouthZ tidak usah khawatir mengenai biaya, pemerintah Indonesia menanggung semua biaya dasar selama program seperti tiket perjalanan, akomodasi, dan biaya program. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga akan memberikan uang saku bagi peserta. Namun, untuk hal-hal yang bersifat pribadi seperti pembuatan paspor medical check-up atau keperluan lainnya peserta harus menyipkan sendiri. Untuk informasi lebih lanjut YouthZ bisa cek melalui website alumni (PCMI) provinsi masing-masing seperti www.pcmibengkulu.org

  1. AMINEF

 AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation )m menawarkan program Community College Initiative Program, biasa disingkat CCIP. Beasiswa CCIP adalah program beasiswa non gelar yang berlangsung selama satu tahun akademik di perguruan tinggi Amerika Serikat dan alumninya bisa diberikan sertifikat. Sasaran utama dari beasiswa ini adalah para lulusan SMA/SMK/sederajat yang saat ini bekerja dan berniat memperdalam keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris.Selain itu,penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti magang profesional, layanan pembelajaran, serta kegiatan keterlibatan masyarakat.

Beasiswa ini juga terbuka untuk lulusan D1, D2, maupun D3. Sementara, bagi lulusan S1 Anda boleh mendaftar selama jurusan atau bidang studi yang dilamar berbeda dengan gelar yang diambil ketika S1. Beasiswa CCIP Aminef ini meliputi biaya visa J-1, biaya perjalanan pp dari kota tempat tinggal ke perguruan tinggi Amerika Serikat, biaya kuliah, tempat tinggal dan makan, tunjangan buku dan kebutuhan mendadak, asuransi kesehatan dan kecelakaan, serta beragam kegiatan pengembangan diri dan profesional. Wah kece banget kan YouthZ masih mikir buat coba?

  1. YSEALI

Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan para exchange hunter adalah YSEALI Academic Fellows. Sudah banyak pemuda Indonesia mendapatkan kesempatan ke Amerika melalui program ini dan mendapat dukungan dalam pengembangan social project mereka. YSEALI Academic Fellows  adalah program pendidikan short term yang diadakan oleh pemerintah Amerika untuk pemuda negara-negara ASEAN usia 18-25 tahun.Tentunya, Indonesia termasuk daftar negara didalamnya. Program in bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman yang lebih tentang  AS kepada pemuda ASEAN dan secara bersamaan berupaya  meningkatkan keterampilan kepemimpinan pada bidang yang diminati.

Kesempatan ini terbuka untuk mahasiswa, fresh graduate dan pemuda pada umumnya yang berusia kurang dari 25 tahun. Apapun jurusan kuliah kamu bisa mengikuti program ini. Namun saat mau apply beasiswa ini kamu harus memilih 3 bidang besar yang ditawarkan. Pilih satu bidang yang ada kaitannya sama aktivtas sosial dan akademik kalian. Bidang-bidang fokus yang bisa dipilih dalam program YSEALI adalah 1) Civic engagement, 2) Environment and natural resources management dan 3) Entrepreneurship and economic development

  1. LPDP

LPDP adalah singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, Kemenag. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1. Beasiswa LPDP ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Di harapkan orang yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP adalah orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan, dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri. Untuk syarat umum dan ketentuan lainnya, kalian bisa langsung  kunjungi laman resmi beasiswa LDPD: http://www.lpdp.kemenkeu.go.id

  1. CHEVENING

Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh dari Pemerintah Inggris bagi kandidat kandidat internasional berprestasi untuk meraih gelar S2 selama setahun di Inggris. Beasiswa Chevening atau The British Chevening Awards adalah suatu program beasiswa global dari pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi mitra. Beasiswa Chevening pertama kali muncul pada tahun 1983 dan telah berkembang menjadi program internasional yang sangat istimewa. Beasiswa ini diperuntukkan bagi orang-orang yang berbakat dan telah dikenali sebagai pemimpin masa depan yang potensial di berbagai bidang termasuk politik, bisnis, media, masyarakat sipil, agama, dan akademisi. Pelamar harus merupakan lulusan kaliber tinggi dengan kualitas pribadi, intelektual, dan interpersonal yang diperlukan untuk kepemimpinan. Jadi bisa disimpulkan bahwa beasiswa ini diberikan dengan tujuan untuk mencetak pemimpin bangsa.

Program beasiswa ini menyediakan dana penuh atau dana sebagian untuk program penuh di tingkat pascasarjana. Beasiswa ini diberikan untuk calon mahasiswa pascasarjana di berbagai subjek ilmu dan setiap universitas di Inggris. Sehingga untuk mengajukan lamaran beasiswa, calon mahasiswa harus mengenali masing-masing universitas yang akan didaftari.

  1. FULBRIGHT

Untuk YouthZ yang mau beasiswa S2 atau S3 di Amerika Serikat, Ini dia peluang bagus. Tahun ini, beasiswa Fulbright 2019 – 2020 kembali tersedia bagi peminat Indonesia. Beasiswa Fulbright merupakan salah satu beasiswa bergengsi yang ditawarkan Pemerintah AS. Beasiswa ini ditawarkan dalam beberapa jenis. Dua di antaranya adalah Fulbright Master’s Degree Program dan Fulbright PhD Degree Program. Beasiswa Fulbright Master merupakan beasiswa untuk jenjang master, dan beasiswa Fulbright PhD adalah beasiswa S3 bagi mereka yang ingin mengambil gelar doktor. Fulbright Master’s Degree Program dibuka umum. Siapa saja boleh mendaftar. Begitu pun dengan beasiswa Fulbright PhD.

Tanggungan beasiswa Fulbright di antaranya mencakup dukungan visa J-1, tiket pesawat pp Indonesia-AS, biaya kuliah penuh, biaya hidup di AS, serta biaya terkait lainnya. Selain itu, penerima beasiwa Fulbright juga memperoleh asuransi kesehatan dan kecelakaan. Pelamar bisa mendaftar untuk semua bidang studi/keahlian yang ditawarkan di universitas-universitas AS. Pengecualian pada bidang yang terkait ilmu kedokteran.

Semoga Peluang luar negeri yang sudah di jabarkan di atas bisa membantu kamu untuk men-setting mimpi dari sekarang ya, masih banyak lagi deretan informasi beasiswa ataupun exchange ke berbagai negara yang bisa kamu ikuti cari informasi sebanyak-banyaknya ya dan jadilah Pemimpi dengan Aksi. (edm)

Berita Lainnya

Manajemen Bola Porwil Seleksi Pemain

BENGKULU – Pembentukan sepakbola Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Bengkulu, sempat banyak dipercanyakan mantan para pemain ...

error: Content is protected !!