Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Kerusakan TNKS 2.600 Hektare

Kerusakan TNKS 2.600 Hektare

CURUP – Kepala Seksi Wilayah VI Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) M. Zainudin menyebut, tercatat tahun 2018 lalu luasan TNKS di wilayah Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengalami kerusakan hingga 10 persen atau 2.600 hektare. Jumlah persentase tersebut terhitung dari jumlah luasan lahan TNKS yang mencapai 26.000 hektare.

Disebutkan Zainudin, salah satu faktor utama kerusakan TNKS tersebut terjadi lantaran masih adanya aksi perambahan yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Serta adanya aksi illegal logging di kawasan TNKS. Padahal mereka terus melakukan aksi penertiban diberbagai wilayah TNKS yang ada di kabupaten RL.

‘’Penyebab utama kerusakan TNKS adalah perambahan, karena setelah pohon ditebang, lahan dibuka untuk areal perkebunan atau lahan pertanian. Sedangkan kalau illegal logging, hanya mengambil pohon besar untuk dimabil kayunya. Wilayah yang banyak dijadikan kebun kopi atau atau lahan pertanian sayuran tersebar di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Selupu Rejang dan Kecamatan Bermani Ulu yang posisinya berdekatan dengan kawasan TNKS,’’ ungkap Zainudin.

Upaya penertiban dan pendekatan menjadi penanganan utama yang mereka lakukan selama ini. Lahan-lahan yang ditinggalkan penggarapnya diganti dengan bibit pohon khas TNKS. ‘’Upaya lain juga kita lakukan melalui pembinaan dan kemitraan dengan masyarakat sekitar kawasan TNKS. Salah satunya pemanfaatkan sumber air serta pemanfaatan tanaman seperti kecombrang yang ada di dalam TNKS. Jadi pemanfaatan diiringi dengan menjaga kelestraian oleh mereka yang memanfaatkan TNKS,’’ demikian Zainudin.(dtk)

Berita Lainnya

Pemkab Siapkan Lahan Baru Lapas Curup

CURUP – Menindaklanjuti kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup yang sudah over kapasitas, Pemerintah ...

error: Content is protected !!