Sabtu , 19 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pembayaran THR dan Gaji 13, Pemkab Tunggu Perintah

Pembayaran THR dan Gaji 13, Pemkab Tunggu Perintah

BENTENG – Pemerintah memastikan akan mempercepat penyelesaian Peraturan Pemerintah (PP) pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2019 dan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Dengan begitu, pemberian THR dan tunjangan PNS dapat dibayarkan sesuai jadwal yakni, pada Mei 2019.

Dilansir dari surat Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokraksi (KemenPAN-RB), penyusunan PP bisa selesai sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April mendatang. Penyusunan PP ini pun diinisiasi oleh KemenPAN-RB.

Meski demikian, Pemkab Bengkulu Tengah (Benteng) hingga kini masih menunggu instruksi terkaiat pencairan THR dan gaji ke-13 tersebut. “Wacana dari pemerintah pusat terkait mekanisme untuk pembayaran gaji ke-13 dan THR tahun 2019 memang seperti itu. Tapi, sampai sat ini kami masih belum menerima aturannya. Sehingga landasan untuk pembayaran tersebut masih menunggu,” ujar Plt. Sekda Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D, kemarin (24/2).

Ia menjelaskan, bahwa untuk penyusunan PP tersebut memang urusan dari pusat. Jika sudah ada PP, maka daerah tinggal melaksanakan. Kapan pun itu, asalkan ada aturan jelas yang termuat dalam PP dan diteruskan ke pemerintah daerah se-Indonesia. “Kabarnya akan dibagikan pada bulan Mei,” jelasnya.

Pemkab Benteng setiap tahun telah mengganggarkan untuk pembayaran gaji ke-13 dan THR tersebut. Meskipun demikian, untuk pelaksanaan pembayarannya tentu harus menunggu aturan dari pusat. “Gaji ke-13 dan THR tersebut diharapkan bisa membantu mencukupi seluruh kebutuhan pegawai terutama saat masuk tahun ajaran baru sekolah dan juga dalam menghadapi Lebaran,” katanya.

Namun dipastikan, daerah akan melaksanakan pembayaran jika sudah ada keputusan dari pemerintah pusat. Kapanpun waktunya asalkan ada aturan jelas tertuang dalam PP. “Jika sudah ada PP, tidak ada alasan lagi, dan harus dibayarkan,” demikian Edy. (vla)

Berita Lainnya

95 Kepala Sekolah Lulus Pendidikan Dan Latihan Penguatan

BENTENG – Sebanyak 95 orang Kepala Sekolah (Kepsek) dari Kabupaten Bengkulu Tengah, lulus dalam Pendidikan ...

error: Content is protected !!