Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 296 Peserta Bersaing di OSN Kabupaten RL

296 Peserta Bersaing di OSN Kabupaten RL

SERAHKAN: Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu menyerahkan soal OSN kepada Ketua Panitia pelaksana Tuharlan Efendi, M.Pd kemarin.

CURUP SELATAN – Sebanyak 296 peserta Olimpiade Sain Nasional (OSN) kemarin bersaing untuk menjadi juara dalam OSN tingkat Kabupaten di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Kegiatan ini dipusatkan di SMA Negeri 4 RL dan dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu H. Budiman Ismaun.

OSN tingkat kabupaten ini memperlombakan setidaknya 9 bidang sains, yang diantaranya Matematikan, Fisiki, Kimia dan Informatika/komputer serta Biologi. Kemudian Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan bidang sains geografi. ‘’Total pesertanya mencapai 296 orang yang berasal dari seluruh SMA/MA sederajat Sekabupaten RL,’’ terang Ketua Panitia Pelaksana Tuharlan Efendi, M.Pd sekaligus merupakan Ketua MKKS SMA Kabupaten RL.

Dengan kegiatan OSN ini, terang Tuharlan, diharapkan bisa melahirkan juara OSN tingkat kabupaten yang bisa bersaing nantinya ditingkat provinsi, nasional bahkan hingga tinggal dunia. Karena memang OSN dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari kabupaten, provinsi, nasional dan tingkat dunia. ‘’Ini salah satu persiapan kita menghadapi OSN tingkat provinsi yang dijadwalkan 8-11 April 2019 mendatang. Serta untuk tingkat nasional dijadwalkan 30 Juni hingga 6 Juli 2019 mendatang,’’ terang Tuharlan.

Sementara itu, Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu H. Budiman Ismaun saat membuka secara resmi kegiatan menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan secara berjenjang ini dalam rangka meningkatkan penguasaan IPTEK menuju generasi Emas 2045 yang kompetitif dan berkualitas. Serta untuk melahirkan juara-juara dengan agenda kompetisi yang secara berjenjang di bidang Sains.

‘’Agenda OSN yang dilaksanakan secara berjenjang ini sangatlah penting dilakukan. Karena ini menjadi salah satu modal utama dalam menuju dunia kerja yang semakin mengandalkan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan agenda secara berjenjang seperti OSN ini diharapkan juga semakin meningkatkan upaya sekolah dalam peningkatan kwalitas pendidikan anak didik mereka, termasuk pada bidang Sains,’’ ungkap Budiman yang membuka kegiatan dengan melakukan pemukulan gong.(dtk)

 

Berita Lainnya

Giliran Hutan Madapi Terbakar

CURUP – Kebakaran lahan kosong terus saja terjadi di berbagai wilayah kecamatan. Jika sebelumnya terjadi ...

error: Content is protected !!