Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Berita utama / Pejabat Boyongan Mantan Gubernur Ridwan Mukti Mulai Pindah

Pejabat Boyongan Mantan Gubernur Ridwan Mukti Mulai Pindah

BENGKULU– Jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UKM dilelang dalam open bidding atau lelang jabatan pratama Pemda Provinsi Bengkulu. Padahal jabatan ini, dalam mutasi yang dilakukan awal Februari lalu ditempati oleh Ali Sadikin yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Lalu kemana Ali Sadikin, sehingga jabatan yang diamanahkan padanya harus dilelang lagi?

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Ir. Diah Irianti, M.Si mengatakan  Ali Sadikan mengajukan pindah ke Pemerintah  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Saat ini ajuan pindahnya itu sudah disetujui dan ditandatangani oleh Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, MMA. “Yang bersangkutan sedang dalam proses pindah ke Sumsel. Izinnya sudah disetujui oleh Gubernur. Sehingga jabatan kepala Dinas Koperasi  ikut dalam 17 jabatan yang dilelang ,” kata Diah.

Ali Sadikin diketahui masuk ke Pemprov dan menjadi pejabat eselon II saat Ridwan Mukti menjabat sebagai Gubernur Bengkulu. Sebelumnya ia merupakan pejabat di Pemkab Musirawas. Apakah masih banyak ASN terutama mantan pejabat non job yang mengajukan pindah? Diah mengatakan belum mendengar informasi itu. “Kalau itu saya belum dengar informasinya,” terangnya.

Informasinya bukan hanya Ali Sadikin saja orang dekat Ridwan Mukti yang mengajukan pindah ke Sumsel. Menurut sumber RB yang merupakan pejabat di lingkungan Pemda Provinsi, ada beberapa pejabat eselon II yang dinonjobkan dalam mutasi Februari lalu juga sudah mendapatkan persetujuan pindah ke Sumsel dari Gubernur.

Serta ada 9 nama lainnya yang merupakan pejabat yang dibawa khusus Rdiwan Mukti yang sekarang non job. Tetapi ada juga pejabat yang masih memegang jabatan juga mengajukan pindah. Seperti Ari Narsa Js mantan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan.

“Infonya Senin tadi Rasul dan Rehal Akmal juga sudah ada persetujuan pindahnya,” terang sumber RB.

Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti ketika dikonfirmasi terkait ada beberapa ASN yang mengajukan pindah ke Provinsi Sumatera Selatan mengatakan belum mendengar itu. Namun perpindahan ASN itu biasa. ASN dari Sumsel, Lampung, Aceh bahkan ada yang pindah ke Bengkulu. Dari proses perpindahan ini tidak ada yang aneh. “Mungkin mereka pindah untuk menambah pengalaman,” terangnya.

Apakah ASN yang mengajukan pindah itu merupakan pejabat non job beberapa waktu lalu? Nopian mengatakan tidak. Bahkan ada staf biasa pejabat eselon IV yang pindah. Terbaru ada yang pindah ke Lintang Empat Lawang, Sumsel. “Kita tidak menterjemahkan ini (pindah) tidak bagus. Kita selalu positif bahwa ASN itu ingin menjadi pengalaman. Kalau saya ada kesempatan untuk pindah saya juga mau, tapi ke Jakarta,” terangnya.

Terkait dengan usulan pindah Ali Sadikin Sekda mengatakan  Ali Sadikin sudah menghadapnya dan pamit untuk pindah. Dari keinginan pindah Ali Sadikin itu tidak ada masalah dari dirinya terhadap pemerintahan Provinsi Bengkulu. “Dia sudah bicara pada saya, tidak ada masalah,” katanya.

Gubernur Dorong Seluruh Pejabat Ikut Open Bidding

Di tempat lain, Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengatakan tahapan pendaftaran lelang jabatan pratama Pemda Provinsi Bengkulu sudah dibuka. Dia mendorong seluruh ASN pejabat  yang memenuhi persyaratan, untuk ikut. Disamping dia ingin menjaring pejabat-pejabat terbaik Bengkulu, sekaligus dia ingin hasil lelang ini memetakan kondisi pegawai. Terutama pejabat eselon III apakah sudah sesuai penempatannya atau belum. “Saya tidak hanya mengimbau, tetapi juga mendorong supaya mereka ikut lelang jabatan pejabat eselon II ini,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Kabinet Baru Dukung Visi Misi Gubernur

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah merombak kabinet di pemerintahannya. Meliputi 351 pejabat ...

error: Content is protected !!