Jumat , 15 November 2019
Home / Daerah / Lebong / CSR PGE Dialokasikan Untuk Perbaikan Jalan

CSR PGE Dialokasikan Untuk Perbaikan Jalan

PELABAI – Mulai tahun ini PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Proyek Hulu Lais diminta membayar Corporate Social Responbility (CSR) yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lebong 2016-2021.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah merancang agar PGE ikut membantu pemeliharaan jalan provinsi segmen Tes-Air Dingin. Termasuk jalan kabupaten, persisnya di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan yang rusak akibat dilintasi truk milik PGE.

‘’Kami rasa pemeliharaan jalan oleh PGE sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat, khususnya warga di sekitar PGE. Paling tidak PGE bisa membantu pengerukan titik rawan longsor di sepanjang jalur Tes-Air Dingin,’’ kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Lebih lanjut disampaikan Eddy, pembayaran CSR jangan hanya diartikan perusahaan sebatas kewajiban mengeluarkan uang. Perusahaan tetap punya tanggung jawab atas dampak negatif yang ditimbulkan. Mengingat CSR itu sendiri merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Sudah sepantasnya jika CSR yang dibayarkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar yang mengeluhkan masalah jalan yang sempit dan rawan longsor.

‘’Untuk kondisi saat ini, kapasitas jalan lintas Lebong-Rejang Lebong sebelumnya belum layak dilintasi truk jenis tronton. Selain sempit, banyak tikungan tajam sehingga perlu pelebaran. Tidak ada salahnya jika CSR dari PGE membantu pemeliharaan jalan di segmen yang dilintasinya,’’ ungkap Eddy.

Tidak hanya PGE, Bappeda juga akan merangkul 35 pelaku usaha yang tergabung ke dalam Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) Kabupaten Lebong. Seluruhnya diminta menyiapkan program CSR yang sejalan dengan program pembangunan Pemkab Lebong tahun 2019 atau sejalan dengan RPJMD Lebong 2016-2021. Sementara Ketua Forum TSLP Kabupaten Lebong, Hasan Basri yang juga menjabat Pimpro PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Proyek Hulu Lais belum bisa dikonfirmasi.(sca)

 

Berita Lainnya

Dua Puskesmas Diakreditasi

AMEN – Dua dari empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Lebong yang sama sekali ...

error: Content is protected !!