Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Harga Bawang Merangkak Naik

Harga Bawang Merangkak Naik

PANTAU: Polisi tengah mendata harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar. (foto: finta/rb)

BENTENG – Harga bawang merah dan  bawang putih saat ini mulai mengalami kenaikan. Sebelumnya bawang putih  Rp 18 ribu, naik menjadi Rp 23 ribu perkilogram. Demikian juga dengan Bawang Merah dari Rp 28 ribu per kilogram naik menjadi Rp 33 ribu per kilogramnya. Kenaikan harga ini patut diwaspadai. Sebab awal tahun lalu harga bawang ini relatif stabil,

“Kami sudah mendapatkan laporannya dan siap melakukan pemantauan langsung kelapangan,” terang Sekdisperindagkop dan UKM Benteng, Sri Yurnaniah S.Sos, MM.

Pemantauan harga kebutuhan pokok ini bukan hanya dilakukan pihaknya.  Mereka selalu berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait. Seperti sharing data dengan kepolisian dan Bulog Divre Bengkulu. Tujuannya agar diperoleh kesamaan data sekaligus penyebab penaikan barang.

Untuk jenis kebutuhan pokok bawang ini, stok Bulog masih ada. Namun, kenaikan harga dipasaran terutama di pasar-pasar mingguan yang ada di Kabupaten Benteng kemungkinan dipicu dari tingkat penjual grosir. Sehingga berdampak pula pada penjualan tingkat eceran.

Sementara  untuk kebutuhan pokok lainnya relatif stabil. Dalam minggu ini hanya daging ayam yang mengalami kenaikan diangka Rp 3 ribu perkilo dari harga sebelumnya Rp 27 ribu perkilo naik diangka Rp 30 ribu perkilo.

Polisi juga ikut memantau kenaikan harga bahan pokok ini.  Polsek Talang Empat turun langsung ke pasar untuk mendata harga. Dari data yang berhasil dihimpun dari berbagai pasar di wilayah Kecamatan Talang Empat, dan Pondok Kubang, bawang mengalami kenaikan tertinggi. Namun, untuk stok dipasaran masih terbilang cukup dan tersedia.

Meskipun memgalami kenaikan, petugas berharap tidak ada kenaikan yang disengaja demi mencari keuntungan sepihak.

“Kalau memang dari grosir naik, tentu harus naik karena namanya juga berjualan. Namun, jangan menaikkan harga diluar kewajaran,” demikian Kapolres BU, AKBP Ariefaldi Warganegara SH, S.IK, MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman, SE.(vla)

Berita Lainnya

95 Kepala Sekolah Lulus Pendidikan Dan Latihan Penguatan

BENTENG – Sebanyak 95 orang Kepala Sekolah (Kepsek) dari Kabupaten Bengkulu Tengah, lulus dalam Pendidikan ...

error: Content is protected !!