Rabu , 29 Januari 2020
Home / Probis / Omzet Usaha Penangkaran Burung Capai Rp 20 Juta

Omzet Usaha Penangkaran Burung Capai Rp 20 Juta

PENANGKARAN: Ranto Widodo (35) menjalani bisnis penangkaran burung Murai Batu yang omzet sebulan bisa mencapai Rp 15 –Rp 20 juta. (foto: bayu adi putra w/rb)

BENGKULU –  Usaha penangkaran burung Murai Batu cukup banyak dijalani oleh beberapa pecinta burung di Kota Bengkulu. Omset perbulannya pun cukup menggiurkan. Seperti yang dilakukan oleh Ranto Widodo (35)  warga Jalan Merapi Ujung Kelurahan Panorama. Omzetnya bisa mencapai Rp 20 juta perbulan.

Kepada RB kemarin, Ranto mengatakan dia mulai menekuni usaha penangkaran burung Murai Batu ini dari tahun 2009. Awal menjalani usaha ini, dia bermodalkan sepasang Murai Batu yang ditangkar. Dalam tempo satu bulan, Murai Batu tersebut terus berkembang biak, hingga tidak terhitung lagi berapa yang sudah terjual.

Saat ini dia punya delapan pasang Murai Batu yang khusus untuk ditangkarkan dan tidak dijual. Ternyata bisnis yang dijalani Ranto ini cukup menggiurkan. Seekor anak Murai Batu yang masih berumur 1-2 bulan saja sudah dihargai Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Sehingga wajar saja bila dalam sebulan, Ranto ini mampu meraup omzet mencapai Rp 20 juta.

“Sekitar beberapa minggu yang lalu saat selesai ikut lomba burung yang diadakan di Taman Remaja Kota Bengkulu ada pembeli yang menawar Rp 15 juta dan mungkin dia tertarik saat melihat aksi murai saya, dan akhirnya saya jual,” Ungkapnya.

Diceritakan Ranto, sebelum memilih beternak burung, ia hanyalah penggemar burung kicauan dan sering mengikuti perlombaan khususnya di dalam Kota Bengkulu. Namun, setelah menguasai dan melihat peluang yang ada, ia mulai mencoba untuk menangkarkan burung yang mempunyai suara yang merdu dan mampu menirukan banyak suara itu.

“Awal mula beternak murai saya mencoba memelihara sepasang, karena memang sudah ada basicnya ya Allhamdulillah tidak sampai dalam waktu 1 bulan sudah membuahkan hasil yang positif. Kalau omzetnya dalam satu bulan bisa mencapai sekitar Rp 15 – 20 juta. Namun hal itu tergantung dari cuaca maupun makanannya agar burung bisa stabil dalam bertelur,” demikian Ranto. (cw2)

Berita Lainnya

Kenali Lebih Dekat Daihatsu New Sigra

BENGKULU – Daihatsu New Sigra dapat disaksikan di Atrium Mega Mall Pasar Minggu Bengkulu dari ...

error: Content is protected !!