Selasa , 12 November 2019
Home / Berita utama / Lagi, Jaksa Eksekusi Satu DPO Korupsi BPD Curup

Lagi, Jaksa Eksekusi Satu DPO Korupsi BPD Curup

EKSEKUSI : Setelah menjadi DPO selama hampir 15 tahun, Supratman akhirnya dieksekusi jaksa, Senin (4/3). (foto : ist/rb)

BENGKULU – Tim Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu bekerjasama dengan Tim Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong kembali berhasil menangkap dan melakukan eksekusi  terpidana, Supratman Urip. Yakni yang terjerat kasus tindak pidana korupsi pengajuan kredit pada Bank BPD Curup tahun 1995 dan 1996.

Penangkapan terhadap Supratman ini merupakan kelanjutan atas keberhasilan pihak kejaksaan dalam mengungkap tempat persembunyian terpidana sebelumnya yakni, M. Taufik di Jakarta beberapa hari lalu. “Ya betul salah satu DPO atas nama Supratman Urip juga sudah ditangkap dan tadi langsung dilakukan eksekusi ke Lapas Kelas IIA Bentiring,” ujar Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Marthin Luther, SH, MH saat dikonfirmasi RB, tadi (4/3) siang.

Dari informasi yang diperoleh, penangkapan terhadap Supratman atas upaya yang dilakukan pihak kejaksaan yang mana dia mendapatkan informasi jika rekannya, Taufik sudah tertangkap dan dieksekusi pada 26 Februari 2019 lalu. Atas hal itu, Taufik melalui keluarganya berkomunikasi dengan pihak kejaksaan bahwa dirinya ingin menyerahkan diri.

Selanjutnya, tim dari Kejati Bengkulu langsung mengajak bertemu Supratman di luar Kejati sekitar pukul 11.45 WIB dan selanjutnya langsung dibawa ke Lapas Bengkulu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Dari pengakuanya sejak masuk DPO dia pindah dan bertempat tinggal di Lampung tepatnya di Krui, dia disana nggak kerja,” tambah Marthin.

Marthin menambahkan, sesuai putusan pengadilan tinggi (PT) Bengkulu nomor: 25/ PID/ 2003/ PT.BKL tanggal 10 mei 2003 divonis bersalah dengan hukuman 2 tahun penjara dan denda sebesar Rp 5 juta subsidair 5 bulan serta uang pengganti sebesar Rp 500 juta. (zie)

Berita Lainnya

Wakapolri Ari Dono Resmi Kukuhkan Kenaikan Tipologi Polda Bengkulu jadi Tipe A

BENGKULU – Wakapolri Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto,SH secara resmi mengukuhkan kenaikan tipologi Polda ...

error: Content is protected !!