Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Ogoh-ogoh, Tak Hanya Ritual Keagamaan Namun Juga Festival Budaya di Bengkulu Utara

Ogoh-ogoh, Tak Hanya Ritual Keagamaan Namun Juga Festival Budaya di Bengkulu Utara

OGOH-OGOH : Ritual Ogoh-ogoh yang dilaksanakan masyarakat Hindu Bali, tak hanya menjadi ritual agama namun juga wisata khas yang hanya bisa dinikmati di Arga Makmur. (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Ribuan masyarakat Hindu Bali di Bengkulu Utara, Senin (4/3)  menggelar ritual Ogoh-ogoh. Ritual ini merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi.  Tidak hanya menjadi acara keagamaan bagi masyarakat Hindu Bali, namun juga menarik bagi masyarakat Bengkulu Utara lainnya.

Ogoh-ogoh yang dibuat berupa patung-patung, menggambarkan sisi buruk manusia. Ogoh-ogoh  diarak keliling Kota Arga Makmur.  Ini menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat sepanjang jalan dari Pura Dharma Yatra yang menjadi pusat perayaan hingga menunju Alun-alun Arga Makmur.

Bupati Bengkulu Utara Ir. H Mian menuturkan jika kegiaatan ini bukan hanya kegiatan kegamaan. Kegiatan ini juga menjadi kegiatan wisata budaya yang hanya ada di Bengkulu Utara dengan komunitas dan pusat pemukiman masyarakat Bali yang terbesar di Provinsi Bengkulu.

“Kegiatan ini juga sangat kita dukung dan kita anggarkan. Karena festival ogoh-ogoh ini menjadi salah satu potensi wisata Budaya yang ada di Bengkulu Utara,” tegasnya. (qia)

Berita Lainnya

Helmi Berpasangan dengan Hijazi di Pilgub, Tergantung Takdir Allah

CURUP- Sabtu  (14/9), Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, berkunjung ke Kabupaten Rejang Lebong. Kunjungan tersebut ...

error: Content is protected !!