Jumat , 22 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Minat Baca Masyarakat Masih Minim

Minat Baca Masyarakat Masih Minim

KEPAHIANG – Berangkat dari keprihatinan akan kondisi minimnya minat baca masyarakat di Kabupaten Kepahiang, sekelompok pemuda dan pemudi akhirnya mencoba untuk menumbuhkembangkan kebiasaan membaca tersebut. Melalui Komunitas Kepahiang Membaca yang didirikan pada awal 2019 lalu, para pemuda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan sarjana tersebut berharap bisa membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang dalam peningkatan minat baca masyarakat.

Koordinator Komunitas Kepahiang Membaca, Akhmar Diansa kepada RB mengungkapkan, komunitas ini merupakan organisasi yang bergerak di bidang literasi, yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dari kalangan anak-anak hingga remaja.

“Komunitas ini berawal dari keprihatinan kita lantaran masih kurangnya minat baca di kalangan anak-anak dan remaja di Kabupaten Kepahiang, juga terbatasnya ketersediaan akses bahan bacaan di daerah,” terang alumni Universitas Muhammadiyah Bengkulu ini, Senin (4/3).

Untuk itu setiap akhir pekan, Komunitas yang beranggotakan 10 pemuda ini menggelar kegiatan ngelapak buku yang dilakukan di Taman Santoso atau Taman Kabawetan. Kegiatan ngelapak ini dilakukan dengan cara menyediakan berbagai buku bacaan yang bisa dibaca oleh masyarakat tanpa dipungut biaya.

“Buku-buku yang kita kumpulkan merupakan buku-buku profesi pribadi dan beberapa buku dari para donatur. Adapun buku-buku yang kita kumpulkan adalah buku bacaan ringan untuk masyarakat, khususnya anak-anak dan pemuda, seperti komik, kumpulan cerpen, dan novel,” jelas Akhmar.

Selain itu juga, komunitas ini berencana untuk melakukan pendistribusian buku-buku bacaan anak-anak ke beberapa Taman Kanak-kanak (TK) atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kepahiang. “Saat ini kita masih mengumpulkan buku-buku bacaan anak-anak dari para donator. Kita tebuka kepada siapapun donatur yang ingin menyumbangkan buku-buku bacaan untuk mendukung kegiatan kami ini,” demikian Akhmar. (sly)

Berita Lainnya

Hut Kepahiang, Pemerintah Kabupaten Gelar Lomba Kebersihan  

KEPAHIANG – Selain menggelar lomba kebersihan OPD, jelang HUT Kabupaten Kepahiang ke-16 yang jatuh pada ...