Senin , 27 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Kemiskinan Turun Indikator Keberhasilan

Kemiskinan Turun Indikator Keberhasilan

PARIPURNA: Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian membacakan jawaban atas pertanyaan fraksi-fraksi di DPRD Bengkulu Utara. (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Rapat paripurna DPRD  Bengkulu Utara dengan agenda jawaban eksekutif atas tanggapan fraksi-fraksi DPRD terkait Raperda Perubahan RPJM dan Pengelolaan Sampah Rabu (6/3), sempat tertunda selama dua jam. Paripurna yang dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB namun baru dimulai pukul 12.00 WIB.

Dewan yang sudah siap masuk ruang sidang pukul 10.30 WIB batal melaksanakan paripurna lantaran mengetahui jawaban eksekutif hanya akan dihadiri Sekda Bengkulu Utara Dr. Haryadi, MM, M.Si. Dewan menginginkan pembacaan langsung dilakukan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian yang saat itu tengah melakukan pertemuan dengan tim BPK di Setda BU.  Bupati langsung hadir pukul 12.00 WIB setelah pertemuannya selesai. Namun dewan yang hadir hanya 15 orang meskipun dibacakan dewan yang menandatangani daftar hadir sebanyak 22 orang.

Dalam jawabannya, Bupati  Bengkulu Utara Ir. H Mian menuturkan perubahan RPJMD dibutuhkan untuk menyesuaikan dengan pola pembangunan. Apalagi sejauh ini pembanguann dinilai sudah cukup berhasil ditunjukkan dengan menurunnya angka kemiskinan. “Dari 2016 angka kemiskinan 14,8 persen, sekarang sudah 11 persen. Begitu pun Indeks Pembangunan Manusia dan indikator lainnya,” terang Mian.

Ia juga menargetkan tahun 2020 angka kemiskinan menjadi satu digit atau di bawah 10 persen. Hal ini belum pernah terjadi sejak 20 tahun belakangan ini. Ia berharap mendapatkan dukungan DPRD yang selama ini sudah bekerjasama melaksanakan pembangunan.

“Ada banyak program yang harus kita lakukan. Jika melihat dari APBD, memang sangat sulit. 15 tahun lalu APBD kita Rp 800 miliar, saat ini Rp 1,1 triliun. Jadi kenaikannya tidak terlalu tinggi, sedangkan inflasi dan harga terus meningkat. Sehingga kita membutuhkan kerjasama semua pihak terutama DPRD,” harap Mian.(qia)  

Berita Lainnya

THR ASN Dibayarkan Senin

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) akan membayarkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya ...

error: Content is protected !!