Kamis , 27 Juni 2019
Home / Breaking News / Media Sosial Menjamur, Hoax Merajalela

Media Sosial Menjamur, Hoax Merajalela

MEDIA BRIEFING : Memperingati Hari Perempuan Internasional, Koalisi Perempuan Indonesia gelar media briefing, Jumat (8/3). (foto : hasrul/rb)

BENGKULU – Pengamat Politik dari Universitas Bengkulu, Drs. Azhar Marwan, M.Si menyebutkan jika penyebaran hoax atau informasi bohong saat ini merajalela.  Ini lantaran suburnya media sosial (medsos) yang tak terbendung di era digitalisasi.

“92,8 persen hoax disebarkan melalui media sosial, 62,8 persen disebarkann melalui aplikasi chatting seperti Whatsapp, Telegram, Line, dan lainnya. Selain itu juga disebarkan melalui media-media lainnya,” kata Azhar  Marwan saat menjadi narasumber dalam acara Media Briefing yang digelar Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Provinsi Bengkulu bertempat di Aloha Resto, Pantai Berkas, Jumat (8/3) siang.

Penyebaran berita hoax sebanyak 62,5 persen melalui tulisan yang dirangkai sedemikian rupa. Kemudian gambar sebesar 37,5 persen dan 0,7 persen melalui video. “Hoax, laku dijual ditengah masyarakat. Masyarakat ditengah kebimbangan, maka kebohongan laku dijual, masyarakat lebih gampang percaya,” katanya.

Azhar juga menyinggung agar masyarakat paham, bahwa menjadi golongan putih (golput) sama sekali tak bermanfaat. Maksudnya, masyarakat yang tidak memilih maka para calon yang sedang bertarung di pemilu juga tetap akan terpilih. “Golput tidak menyelesaikan masalah, anda tidak milih, orang tetap terpilih. Ini yang harus diberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak golput,” sampainya.

Media briefing yang digelar KPI wilayah Bengkulu dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional dengan mengusung tema “Menolak golput untuk mendukung keterwakilan perempuan di legislatif pada Pemilu 2019 di Provinsi Bengkulu”. (zie)

Berita Lainnya

Tampilan Baru New Honda BeAT Street eSP Semakin Ekspresif

BENGKULU – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran terbaru untuk New Honda BeAT Street ...

error: Content is protected !!