Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bahas Enam Reperda Inisiatif

Bahas Enam Reperda Inisiatif

SETUJU DIBAHAS: Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang Andrian Defandra, SE bersalaman dengan Wakil Bupati Neti Herawati, usai menyerahkan draft usulan Raperda Inisiatif DPRD yang disetujui untuk dilakukan pembahasan. (foto: arie/rb)

KEPAHIANG – DPRD Kabupaten Kepahiang dan Pemkab Kepahiang menyepakati pembahasan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif. Kesepakatan itu diambil dalam paripurna Jumat (8/3). Seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Kepahiang menyetujui untuk membahas tiga Raperda Inisiatif Pemkab Kepahiang dan tiga Raperda inisiatif dewan.

Adapun ketiga Raperda Inisiatif Pemkab Kepahiang yang disetujui tersebut yakni Raperda tentang Barang Milik Daerah (BMD), Raperda atas revisi Perda No 13 tahun 2016 tentang OPD, serta Raperda tentang Pembangunan Industri. Selanjutnya 3 Raperda Inisiatif Dewan adalah Raperda tentang Pendidikan Berkarakter, Perlindungan Petani dan Penyelenggaraan Olahraga.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepahiang, Andrian Defandra, SE mengatakan, telah dibentuk tiga pansus untuk membahas Raperda tersebut. Pansus Satu untuk Raperda tentang Pendidikan Berkarakter dan Pembentukan Industri Kabupaten Kepahiang 2019-2039. Pansus Dua untuk Raperda tentang perlindungan petani dan perubahan Perda nomor 13 tahun 2019 tentang perangkat daerah, dan Pansus Tiga untuk Raperda tentang Penyelenggaraan olahraga dan Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Kita optimis sebelum 31 Juli 2019 mendatang keenam Raperda Inisiatif ini sudah disahkan. Bisa segera diterapkan oleh Pemkab Kepahiang kedepannya. Saat ini sudah ada pansus yang akan mulai melakukan pembahasan atas keenam Raperda tersebut,” jelas Aan.

Sementara Wakil Bupati Kepahiang Neti Herawati, S.Sos mengatakan, Pemkab Kepahiang berterimakasih kepada seluruh fraksi. Telah memberikan tanggapan atas 3 Raperda Inisiatif yang disampaikan eksekutif. Ia berharap perda-perda yang dihasilkan bisa mendukung jalannya pemerintahan daerah, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Kepahiang.

“Apa yang menjadi masukan dari fraksi-fraksi menjadi catatan bagi kami selaku pemerintah daerah. Dalam menjalankan roda pemerintahan dengan tetap mengacu pada payung hukum yang sudah disepakati bersama,” singkat Wabup. (sly)

Berita Lainnya

Dana Insentif Daerah Turun Drastis

KEPAHIANG – Ada yang menarik dari pelaksanaan rapat paripurna yang digelar, Senin (21/10) di gedung ...

error: Content is protected !!