Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Baru Empat Parpol Laporkan Saksi

Baru Empat Parpol Laporkan Saksi

PENGUATAN : Jelang pemilu Bawaslu Kaur dan Provinsi Bengkulu gencar melakukan sosialisasi penguatan lembaga dan juga pengawasan pemilu Jumat (8/3). (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Dari 16 partai politik (parpol) peserta pemilu di Kabupaten Kaur, baru empat parpol yang menyerahkan daftar nama saksi ke Bawaslu Kabupaten Kaur. Yakni Golkar, Berkarya, Perindo dan PPP. Sementara 11 parpol lagi sampai Jumat (8/3) belum melaporkan nama saksi mereka. Sedangkan PDI Perjuangan memang sedari awal sudah menyampaikan ke Bawaslu mereka tidak memakai saksi dalam pemilu April mendatang.

“Pada hal sudah lama kita imbau dan kita minta segera ditindak lanjuti oleh setiap parpol (melaporkan nama saksi,red). Untuk yang belum masih kita tunggu dan kita minta segera menyampaikan ke Bawaslu Kaur,” kata Ketua Bawaslu Kaur Toni Kuswoyo.

Satu parpol wajib mengirimkan nama satu saksi di setiap TPS. Saksi itu nantinya diberikan pelatihan oleh Panwascam. Sehingga saksi ini mengerti dan paham dengan tugasnya. Kurang responnya partai politik melaporkan nama saksi ini disayangkan Bawaslu. Sebab Bawaslu ingin memastikan siapa saja saksi parpol saat pemilu nanti.

“Untuk pelatihan saksi akan kita gelar April, jadi saksi sebelum bertugas sudah paham tugasnya. Tentu saja ini sangat menguntungkan parpol. Jadi kita imbau agar parpol yang belum untuk menyampaikan nama-nama saksinya satu orang per TPS,” pungkas Toni kemarin.

Sementara itu, jelang pemilu yang tinggal 40 hari lagi, Bawaslu Kaur dan Bawaslu Provinsi Bengkulu kembali menggelar pengawasan pemilu. Diikuti oleh seluruh Panwascam dari 15 kecamatan. Kegiatan ini dipusatkan di Gedung Kuliner. Menghadirkan nara sumber Komisioner Bawaslu Bengkulu Halid Saifullah, SH, MH dan tiga komisioner Bawaslu Kaur.(cik)

Berita Lainnya

Bupati Kaur dan BPBD Pantau Situasi Rumah 21 Warga Akibat Tanah Bergeser

BINTUHAN–  Sementara itu Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP meminta jajarannya terutama BPBD Kaur untuk …