Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Mendes PDTT Kunjungi Kepahiang

Mendes PDTT Kunjungi Kepahiang

Jan johanes Dalos

KEPAHIANG – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo akan berkunjung ke Kabupaten Kepahiang (13/3) mendatang. Nantinya, Eko Putro Sandjojo akan memberikan workshop pembinaan dana desa (DD) dalam kunjungan kerjanya itu.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Jan Johanes Dalos, S.Sos mengatakan, Menteri PDTT juga akan melihat progres pembangunan desa menggunakan dana desa di Kepahiang.

“Saat ini kita masih mempersiapkan seluruh sarana pendukung kunker Menteri PDTT nantinya. Karena selain membuka workhsop, Menteri PDT juga akan melakukan kunjungan ke beberapa titik dalam rangka peresmian pembangunan. Seperti Sport Center di Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi, dan Gedung Serba Guna di Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang,” ujar Dalos.

Selain itu juga, Menteri PDT juga akan melakukan pengecekan terkait proses perencanaan pembangunan desa melalui DD Tahun 2019 ini. Hanya saja diakui Dalos, untuk tahun ini dari 105 desa yang ada di Kabupaten Kepahiang, belum ada satu pun yang menyampaikan usulan pencairan DD tahap pertama tahun ini.

“Padahal anggaran 20 persen untuk pencairan tahap pertama sudah berada di rekening daerah. Hanya saja sampai saat ini belum ada satupun desa yang mengajukan usulan pencairan. Untuk itu kita berharap kepada pemerintah desa agar bisa segera aktif menyampaikan usulannya, supaya pembangunan desa bisa segera berjalan,” jelas Dalos.

Selain itu, Dalos juga mengimbau kepada seluruh pemerintah desa di Kabupaten Kepahiang, dalam pengelolaan DD harus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Agar pembangunan yang dilakukan bisa tepat sasaran dan memiliki asas manfaat.

“Pembangunan desa harus tetap mengacu pada RPJMDes, tidak boleh DD dialokasikan untuk pembangunan diluar yang telah diatur dalam RPJMDes. Hal ini akan kita awasi dengan melibatkan T4PD agar dalam pengelolaannya DD ini tidak ada lagi desa yang menabrak aturan hukum,” demikian Dalos. (sly)

Berita Lainnya

Dana Insentif Daerah Turun Drastis

KEPAHIANG – Ada yang menarik dari pelaksanaan rapat paripurna yang digelar, Senin (21/10) di gedung ...

error: Content is protected !!