Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pagu Dana Pembebasan Lahan Rp 3,45 Miliar

Pagu Dana Pembebasan Lahan Rp 3,45 Miliar

MUKOMUKO – Tahun 2019, Pemkab Mukomuko kembali membebaskan sejumlah lahan untuk pembangunan alun-alun Kabupaten Mukomuko, dan lapangan sepakbola di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Total dana yang dialokasikan mencapai Rp 3,45 miliar.

Khusus untuk pembebasan lahan alun-alun pagu dana mencapai Rp 2,5 miliar. Sedangkan untuk pengadaan lapangan sepakbola di Koto Jaya, disiapkan dana Rp 328 juta. Dibagian lain, anggaran sebesar Rp 400 juta untuk pembebasan lahan perluasan komplek perkantoran Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko.

Selain itu, Pemkab Mukomuko siapkan anggaran untuk belanja jasa konsultan penilai atau Apraisal. Khusus jasa penilai pengadaan lahan alun-alun itu, Pemkab siapkan dana sebesar Rp 70 juta. Juga dengan jumlah dana yang sama dialokasikan untuk jasa penilai pengadaan tanah lapangan sepakbola. Juga

disediakan untuk jasa tim penilai tanah perluasan Kantor Kejari Mukomuko. Tapi anggarannya lebih kecil, hanya Rp 52 juta.

Bagian lainnya, dana sebesar Rp 35,5 juta disiapkan Pemkab untuk belanja jasa sertifikasi, dan notaris untuk tiga lokasi pengadaan lahan. Anggaran sebesar itu untuk sertifikat sebanyak 11 persil. Semua guna menyelesaikan administrasi kepemilikan lahan alun-alun, lapangan sepakbola, dan komplek Kejari Mukomuko.

Seluruh dana tersebut, disepakati Pemkab berada di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Mukomuko. Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perkim Mukomuko, Drs. Nurngubaidi.

‘’Untuk alun-alun, targetnya tersedia lahan hingga sekitar 5 hektare. Nah kita masih cari dimana lokasi yang pas. Alun-alun ini penting untuk pusat ibukota kabupaten agar ada tempat masyarakat berkumpul, bersantai bersama keluarga,” jelasnya.

Soal pagu dana yang tersedia, Nurngubaidi mengaku, tak wajib harus habis. Teatpi disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk juga untuk jasa tim penilai dan lainnya. ‘’Memang pagu dananya besar. Tapi itukan sesuai jumlah lahan yang dibutuhkan,” demikian Nurngubaidi.(hue)

Berita Lainnya

226 Sambungan Rumah, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 1,4 Miliar

MUKOMUKO – Kegiatan sambungan rumah jaringan air bersih akan dilakukan tahun depan. Dana yang disiapkan ...

error: Content is protected !!