Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Pembersihan Longsor Terhenti

Pembersihan Longsor Terhenti

PEMBERSIHAN: Warga dan relawan desa tangguh bencana (destana) masih melakukan upaya pembersihan material longsor bersama BPBD, TNI dan Polri di wilayah Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi. (foto: wanda/rb)

SINDANG KELINGI – Jalur jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Sindang Kelingi dan Kecamatan Sindang Dataran kembali terputus. Hal ini disebabkan kembali terjadi longsor yang ketiga kalinya dalam beberapa hari belakangan di Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi.

Kemarin (8/3) kembali terjadi lonsong sekitar pukul 09.30 WIB dengan panjang mencapai 30 meter dan material longsor menutupi seluruh badan jalan. Bahkan masyarakat sekitar dan para pengendara terpaksa harus bersabar, karena siang kemarin pembersihan material longsor harus terhenti karena alat berat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mengalami kerusakan. Sehingga kondisi jalur jalan tersebut masih belum bisa dilewati kendaraan sama sekali.

Kepala BPBD RL, Basuki, S.Sos mengatakan longsor di Sindang Jati terjadi di titik berbeda dari longsor sebelumnya. Pembersihan kemungkinan akan kembali dilanjutkan setelah perbaikan alat berat selesai. “Ada alat yang putus dan sudah kita pesan ke Palembang, mudah-mudahan besok sudah bisa diperbaiki dan pembersihan kembali dilanjutkan,” terang Basuki.

Ditambahkan Basuki, untuk alternatif lainnya kemungkinan akan ada alat berat Dinas PUPRPKP RL atau alat berat dari Provinsi Bengkulu. Bahkan sore kemarin, informasinya alat berat milik Dinas PUPRPKP sudah dalam perjalanan menuju lokasi longsor. Sehingga kemungkinan sore hari pembersihan longsor bisa dilanjutkan lagi.

“Alat berat dari PU sedang dalam perjalanan dan nanti akan lihat kondisi dulu, apakah memungkinkan langsung melakukan pembersihan material longsor atau bagaimana. Kalau untuk yang dari provinsi, infonya juga akan mengirim alat berat. Tapi kalau sampainya malam hari, artinya tetap besok pagi (hari ini, red) juga baru bisa digunakan,” terang Basuki.(dtk)

Berita Lainnya

Antisipasi Lakalantas, Polsek Bengkulu Utara Tambal Jalan

BERMANI ULU – Hingga saat ini, beberapa titik jalan provinsi di Kabupaten Rejang Lebong masih ...

error: Content is protected !!