Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / SMPN 3 Pusat Koordinasi Unas

SMPN 3 Pusat Koordinasi Unas

BENTENG – Menyambut pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) tingkat SMP sederajat di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bengkulu Tengah (Benteng), SMPN 3 Benteng di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat akan menjadi pusat koordinasi untuk pelaksanaan Unas tersebut. Lokasinya dinilai bisa terjangkau oleh semua sekolah yang akan melaksanakan Unas.

Untuk Unas yang akan dikoordinasikan adalah Unas dengan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP). Saat ini di SMP yang ada di Benteng, belum semuanya melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Persoalannya karena memang belum lengkapnya beberapa sarana untuk UNBK di beberapa SMP yang ada di Kabupaten Benteng.

Kepala SMPN 3 Benteng, Supriyanto, S.Pd menjelaskan, untuk persiapan koordinasi Unas tersebut, saat ini pihaknya sudah mempersiapkan segala kebutuhan. Seperti ruangan bahkan sampai dengan lokasi parkir. Persiapan ini harus selesai dalam waktu bulan Maret ini. “Karena April kami sudah melaksanakan Unas,” jelasnya, kemarin (8/3).

Koordinasi lain seperti menjadi tempat pembagian soal UNKP dan juga pengumpulan lembar jawaban lagi, hal ini memang sudah menjadi kegiatan rutin karena letak SMPN 3 Benteng yang sangat strategis dan mudah terpantau oleh banyak pihak.

Sementara untuk SMPN 3 Benteng, dalam Unas mendatang akan mengunakan sistem UNBK karena perangkat komputernya dinilai sudah mencukupi. “Meskipun kurang hanya beberapa unit saja untuk antisipasi kerusakan,” katanya.

Plt Kadis Dikpora Benteng, Saidirman, SE, M.Si menjelaskan, untuk sekolah yang melaksanakan Unas memang tidak ada paksaan untuk sistem UNBK. Namun, bagi yang dinilai sudah mampu, tentu diharapkan lebih mengutamakan UNBK. Sementara bagi sekolah yang belum siap UNBK, tahun ini dipersilakan untuk Unas dengan sistem UNKP.

Beberapa sekolah yang sudah siap UNBK, antara lain SMPN 1, SMPN 3, SMPN 5, SMPN 11, SMPN 9. Sementara lainnya dari 32 SMPN di bawah naungan Dinas Dikpora Benteng, masih belum siap melaksanakan UNBK.

“Selain masalah perangkat, memang masalah jaringan internet masih belum menyeluruh ke semua wilayah Kabupaten Benteng,” demikian Saidirman. (vla)

Berita Lainnya

95 Kepala Sekolah Lulus Pendidikan Dan Latihan Penguatan

BENTENG – Sebanyak 95 orang Kepala Sekolah (Kepsek) dari Kabupaten Bengkulu Tengah, lulus dalam Pendidikan ...

error: Content is protected !!