Jumat , 24 Mei 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Zakat Hampir Rp 1 Miliar

Zakat Hampir Rp 1 Miliar

Haryadi

ARGA MAKMUR – Sepanjang 2018 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bengkulu Utara (BU) mengumpulkan hampir Rp 1 miliar dari zakat harta yang diberikan  oleh PNS BU. Zakat tersebut langsung disetorkan melalui bendahara gaji saat menerima gaji per bulan.

Namun dalam acara rapat persiapan acara festival di Enggano kemarin (8/3), Sekda BU, Dr. Haryadi, MM, M.Si mewarning 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak menyetorkan zakat sepanjang 2018 lalu.

Sekda mengingatkan zakat tersebut wajib bagi umat Islam. Namun ia tidak menyalahkan jika memang 10 OPD yang tidak menyetorkan zakat melalui Baznas tersebut sudah menyetorkan zakat sendiri atau masing-masing PNS ke lembaga lain.

“Memang lembaga ini banyak, kita persilakan jika memang ada yang menyetor di lembaga lain. Namun jika sampai tidak menyetorkan, ini keterlaluan,” tegas Sekda.

Ia menuturkan jika Pemkab BU memang bekerja sama dengan Baznas dalam mengelola zakat harta dari 6.000 lebih pegawai BU. Hal ini lantaran dana yang direrima Baznas dikelola langsung oleh Baznas dan diperuntukkan bagi masyarakat BU.

“Jadi hasil zakat itu untnuk masyarakat kita sendiri, baik itu untuk bantuan program dari Baznas ke masyarakat ataupun bantuan langsung uang. Makanya kita bekerja sama dengan Baznas,” pungkas Sekda. (qia)

Berita Lainnya

Akses Bengkulu Utara -Lebong Terancam Lumpuh

ARGA MAKMUR – Hingga kini belum ada tanda-tanda jembatan Gunung Selan, Arga Makmur akan dibangun ...

error: Content is protected !!