Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Ditolak Warga Desa, Tambang Batu Sungai Batal Beroperasi

Ditolak Warga Desa, Tambang Batu Sungai Batal Beroperasi

TAP – Aktivitas pertambangan baru sungai PT. Pulau Batu Intan (PBI) di Desa Lubuk Pendam Kecamatan Tanjung Agung Palik Bengkulu Utara dihentikan sementara. Seluruh alat berat sudah direlokasi dari lokasi tambang. Ini karena ada penolakan dari kelompok tani di lima desa yang sawah mereka dialiri sungai kawasan penambangan batu sungai tersebut.  Meski pernah dilakukan mediasi dengan difasilitasi Pemkab Bengkulu Utara dan Dinas ESDM Provinsi. Namun tidak ada titik temu antara penambang dengan kelompok tani.

Camat Tanjung Agung Palik, Nirwan Tomeri, SH, MH menhgajukan tuntutan. Yakni meminta perusahaan menandatangani surat pernyataan bertanggungjawab dan menggantirugi jika ada hal-hal yang mengakibatkan fasilitas pertanian rusak. Baik itu irigasi induk, bendungan maupun aliran air ke sawah warga. Selain itu petani meminta perusahaan juga menggantirugi pada petani jika memang itu terjadi dan merugikan petani. “Namun setelah pertemuan itu, perusahaan belum bisa mengambil keputusan dari pimpinan atas mereka. Sehingga pertemuan lanjutan kita tunda dulu,” katanya.

Lebih dari 180 haktare sawah di kawasan Kecamatan Tanjung Agung Palik, memang ketergantungan dengan aliran sungai Sengkuang yang juga menjadi kawasan penambangan. Kawasan persawahan ini juga menjadi program ketahanan pangan nasional yang ada di Bengkulu Utara bekerjasama dengan TNI. “Jadi keberlangsungan sawah ini sangat penting. Selain memang persawahan menjadi penopang ekonomi masyarakat,” terangnya.

Sekadar mengetahui, aktivitas tambang ini sempat dua kali mengundang aksi demo masyarakat yang menghentikan aktivitasnya. Namun kini kegiatan tambang ini sudah mendapatkan dukungan dari Pemkab Bengkulu Utara yang tidak akan terjadi imbas buruk pada pertanian. Asalkan perusahaan benar-benar melaksanakan program reklamasi dan program penambangan sesuai aturan. (qia)

Berita Lainnya

Siswa Kurang Mampu Bakal Dapat Bantuan

ARGA MAKMUR – Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran baru 2019-2020, Bupati Bengkulu Utara (BU) ...

error: Content is protected !!