Jumat , 24 Januari 2020
Home / Daerah / Lebong / Tata Ulang Pengelolaan Bangunan Terbengkalai

Tata Ulang Pengelolaan Bangunan Terbengkalai

PELABAI – Tidak hanya aset bergerak, tahun ini Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong juga akan menertibkan sejumlah aset tak bergerak. Khususnya 6 aset bangunan dan 2 aset televisi (TV) tron yang kondisinya saat ini terbengkalai. Enam aset bangunan itu, Gedung Olahraga (GOR) Terpusat di Kelurahan Taba Anyar, Kecamatan Lebong Selatan dan bangunan GOR mini di 4 kecamatan.
Termasuk Gedung Tenis Indoor di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai. Tim dari Bidang Aset masih menelusuri program kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ditugaskan mengelola 8 aset itu. ‘’Kalau memang OPD pengelola tidak sanggup mengelolanya, akan kami tata ulang pengelolaannya,’’ ujar Kabid Aset, BKD Kabupaten Lebong, Riska Putra Utama, M.Si.

Jika OPD bersangkutan masih sanggup mengelola aset tak bergerak itu, diharapnya teknis pengelolaan harus benar-benar dioptimalisasi agar mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Lebong. Namun jika tidak sanggup, akan dialihkan ke OPD teknis yang sanggup dan lebih tepat membidangi pengelolaan 8 aset tak bergerak itu. ‘’Pelimpahan aset akan dilegalkan melalui SK (Surat Keputusan, red) bupati,’’ terang Putra.

Namun sesuai hasil pelacakan sementara, beberapa aset tak bergerak itu memang belum dilimpahkan ke OPD teknis alias masih dipegang penuh pengelolaannya oleh Pemkab Lebong. Agar lebih optimal, tentunya akan lebih baik diserahkan ke OPD teknis yang membidangi. Seperti GOR terpusat dan gedung tenis indoor, akan lebih tepat jika diserahkan ke Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). ‘’Termasuk GOR mini akan diserahkan ke masing-masing pemerintah kecamatan,’’ tutur Putra.

Sementara aset 2 unit TV tron yang masing-masing terpasang di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai dan Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, pengelolaannya akan diserahkan ke Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP). Namun kepastian penyerahan aset tak bergerak ke OPD teknis itu masih menunggu persetujuan bupati. ‘’Segera kami laporkan hasil pendataan delapan aset tak bergerak itu ke Pak Bupati,’’ tutup Putra. (sca)

Berita Lainnya

Realisasi 16 Program Capai 80 Persen

PELABAI – Di bawah kepemimpinan Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si, seluruh Organisasi Perangkat Daerah ...

error: Content is protected !!