Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / BPBD Akan Inventarisir Jalur Evakuasi Tsunami

BPBD Akan Inventarisir Jalur Evakuasi Tsunami

MUKOMUKO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko melakukan sedang inventarisir seluruh jalur evakuasi bencana alam tsunami yang ada. Kegiatan tersebut, upaya untuk memudahkan dalam proses pembuatan program penanggulangan bencana alam.

Kepala BPBD Mukomuko, Syahrizal, SH, kepada RB, mengatakan dari sepanjang wilayah pesisir pantai yang masuk dalam zona merah, belum seluruhnya ada jalur evakuasi bagi masyarakat saat terjadi bencana.

‘’Karena itu kami lakukan inventarisir untuk memastikan wilayah mana saja yang belum, atau sudah memiliki jalur evakuasi bencana alam tsunami. Kami tidak ingin ketika ada terjadi bencana alam tidak ada jalur evakuasi bagi masyarakat. Khususnya yang berada di sepanjang pantai,” papar Syahrizal.

Kegiatan yang dilakukan ini, lanjut Syahrizal, untuk memastikan seberapa parah kondisi ruas jalur evakuasi yang sudah dibangun pemerintah. Karena tidak menutup kemungkinan, dari sekian banyak jalur evakuasi itu kondisi jalanya tidak layak dilintasi.

‘’Kami tidak mau jalan yang menjadi jalur evakuasi kondisinya tidak baik. Minimal, ya jalannya sudah dikoral. Sukur-sukur sudah diaspal. Karena ini berkaitan dengan nyawa manusia, untuk meyelamatkan diri dari bencana alam tsunami,” paparnya.

Syahrizal juga menjelaskan, jika dalam inventarisir nanti masih ditemukan ada jalur evakuasi tidak layak. Khususnya yang dilalui manusia atau belum ada jalur khusus di wilayah zona merah. Pihaknya berjanji akan mengajukan anggaran untuk pembukaan jalur evakuasi. ‘’Dari tanah kuning, kita ajukan menjadi aspal. Dari yang belum ada jalur kita upayakan untuk dibuka jalur evakuasinya,” harap Syahrizal.

Dia mengakui, semakin banyak jalur evakuasi, maka dampaknya semakin bagus bagi masyarakat. Baik jalur evakuasi yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu maupun yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Mukomuko. ‘’Kadang masalah tersebut luput dari perhatian padahal ini menyangkut penyelamatan nyawa manusia kalau terjadi bencana alam tsunami,” tutup Syahrizal.(hue)

 

Berita Lainnya

226 Sambungan Rumah, Kuras Dana Alokasi Khusus Rp 1,4 Miliar

MUKOMUKO – Kegiatan sambungan rumah jaringan air bersih akan dilakukan tahun depan. Dana yang disiapkan ...

error: Content is protected !!