Jumat , 13 Desember 2019
Home / Berita utama / Semalam di Bumi Semaku

Semalam di Bumi Semaku

PERESMIAN: Gubernur Bengkulu menandatangani prasasti Gedung Seni Budaya Semaku, tadi malam. (foto : yudi/rb)

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, H. Rohidin Mersyah, M.MA menjelaskan bahwa Provinsi Bengkulu memiliki berbagai macam suku dan budaya. Disana terdapat Ikatan Keluarga Seluma, Manna dan Kaur (Ika Semaku). Semaku sendiri menggambarkan keberagaman yang ada serta teruji dalam hal perbedaan warna. Maksudnya perbedaan warna adalah perbedaan pendapat maupun perbedaan suku dan budaya.  SEMAKU diharapkan dapat memperkaya budaya melayu yang ada di Provinsi Bengkulu. Hal itu ia sampaikan pada acara Semalam di Bumi Semaku yang digelar di Rumah Ika Semaku pada Minggu(10/3) pukul 21.00.

Ia juga menjelaskan bahwa Ika Semaku bukan hanya berdasarkan ikatan kesukuan tapi lebih seperti ikatan kekeluargaan. Nilai tersebut sudah diwariskan sejak turun-temurun. Ia berharap, Ika Semaku nantinya bisa produktif mandiri. Itu bertujuan agar Ika Semaku dapat terus hidup dan tidak bergantung dengan pejabat atau politik. Ika Semaku juga adalah salah satu bentuk untuk membangkitkan semangat Bengkulu dengan kemasan-kemasan khas dalam menyambut Wonderfull Bengkulu mendatang.

“Tak hanya itu, Ika Semaku juga diharapkan dapat menjadi wadah lembaga kemasyarakatan di Provinsi Bengkulu,” kata Rohidin.

Senada, Ketua Ika Semaku Drs.H.Sumardi MM menjelaskan pembentukan Ika Semaku ini adalah untuk melestarikan seni budaya yang ada di keluarga, Seluma Manna dan Kaur. Apalagi dengan adanya Gedung Seni Budaya Semaku, bisa menarik semua kalangan untuk membantu melestarikan seni dan budaya yang ada. Ia juga Mengharapkan pada tahun ini, pemerintah dapat membangun taman-taman bunga yang begitu indah dengan 16 warna.

“Adapun 16 warna sendiri memiliki arti. Diantranya tetap aman dan damai, tidak ada asung fitnah dan semua lancar atau jangan sampai ada perpecahan bagi seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu,” kata mantan Penjabat Walikota Bengkulu ini.

Dalam acara tersebut turut dihadiri oleh Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Bupati Kaur Gusril Fauzi dan Asisten Setda Seluma serta FKPD Provinsi Bengkulu. Rangkaian acara sendiri ada penandatangan prasasti serta pemotongan pita sebagai bentuk bahwa sudah diresmikannya Gedung Ika Semaku tersebut. Tak lupa pula, berbagai tarian adat juga ditampilkan seperti Tari Andun, Tari Rendai, Tari Dewa Sembilan serta lagu lagu daerah dari Bengkulu Selatan, Seluma dan Kaur. (cw1)

 

Berita Lainnya

Pendaftaran Sekdaprov Bisa Diperpanjang

BENGKULU – Pendaftaran seleksi terbuka sekdaprov hari ini ditutup. Bila hingga sore ini jumlah pelamar ...

error: Content is protected !!