Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Air Terjun Donok, Potensi Wisata Baru Desa Batu Ampar

Air Terjun Donok, Potensi Wisata Baru Desa Batu Ampar

POTENSI BARU: Air terjun Donok di Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi, merupakan salah satu destinasi wisata baru yang perlu pengelolaan lebih lanjut. (foto : arie/rb)

KEPAHIANG – Belum banyak yang tahu bahwa di Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang, tersimpan sebuah potensi wisata yang belum dikembangkan, yakni Air Terjun Donok. Potensi wisata tersebut saat ini menjadi salah satu program yang akan dikembangkan oleh Desa Batu Ampar, sebagai salah satu destinasi wisata petualangan di wilayah Kabupaten Kepahiang.

Dari hasil kunjungan RB, diketahui bahwa air terjun ini terletak tak jauh dari jalan Desa Batu Ampar. Untuk mencapai ke sana, pengunjung hanya perlu berjalan kaki di jalan setapak, sekitar 30 menit dengan melewati perkebunan kopi milik warga desa setempat.

Selayaknya potensi yang belum banyak terjamah, akses menuju air terjun ini memang tergolong sedikit ekstrem. Pengunjung akan disuguhkan dengan jalur terjal dan jalan sempit, serta melewati sungai kecil yang merupakan bagian dari aliran air terjun.

“Ada dua air terjun di desa ini, dan lokasinya berdekatan. Keduanya masuk dalam satu wilayah air terjun Donok,” ungkap Kepala Desa Batu Ampar, Herwan Iskandar.

Herwan mengakui bahwa saat ini memang belum banyak yang mengetahui potensi air terjun tersebut. Hanya beberapa warga sekitar dan pengunjung yang menyukai petualangan sempat mampir dan berkunjung ke lokasi tersebut. “Tak banyak yang tahu tentang air terjun Donok ini. Hanya beberapa warga sini dan desa tetangga yang sering berkunjung. Selain itu juga beberapa waktu lalu ada beberapa mahasiswa yang juga berkunjung untuk melakukan eksplorasi potensi wisata,” beber Herwan.

Merasa memiliki potensi wisata yang menarik, saat ini pihak Desa Batu Ampar pun sudah menyiapkan program pengembangan dan pembangunan potensi wisata air terjun Donok tersebut. Bahkan air terjun Donok ini sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Batu Ampar tahun 2019 ini.

“Ya sementara ini akan kita lakukan pengelolaan maksimal dengan menggunakan alokasi Dana Desa (DD). Kita berharap ke depannya potensi wisata ini bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi warga desa, serta mampu memancing kunjungan wisata ke Kabupaten Kepahiang,” ungkap Herwan.

Selain itu juga Herwan berharap dengan maksimalnya pengelolaan wisata air terjun Donok ini nantinya, bisa menjadi salah satu tambahan destinasi wisata di Kabupaten Kepahiang, khususnya dalam menyukseskan program pemerintah Visit Bengkulu 2020 mendatang.

“Saat ini kalau orang ke Kabupaten Kepahiang, hanya tahu lokasi wisata yang itu-itu saja. Padahal Kepahiang ini banyak menyimpan potensi alam lainnya. Hal inilah yang saat ini coba terus kami kembangkan, khususnya di desa kami ini,” demikian Herwan. (sly)

Berita Lainnya

Komunikasi Informasi Konsolidasi Ke Dewan Pers

KEPAHIANG – Dinas Kominikasi Informasi Persandian dan Statistik Kepahiang, beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke ...

error: Content is protected !!