Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / DKP Akan Bangun Sarpras Konservasi Ikan Mikih

DKP Akan Bangun Sarpras Konservasi Ikan Mikih

MUKOMUKO -Sarana dan prasarana (Sarpars) untuk konservasi ikan mikih akan bangun tahun 2019. Langkah ini, supaya ikan mikih selalu ada di Mukomuko. Mengingat sekarang ikan mikih mulai langka.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko Eddy Aprianto, SP saat ditemui RB Senin (11/3), menjelaskan tujuan dibangun sarpras konservasi ikan mikih, supaya ikan langka yang hidup dalam aliran beberapa sungai di Mukomuko itu tetap lestari.

“Kalau kita tidak cepat membangun Sarpras penunjuang konservasi, khawatir ikan mikih bakal punah. Susah ditemukan lagi. Ikan itu tergolong memiliki rasa yang enak. Jadi wajar ikan ini terus diburu masyarakat,” ujar Eddy.

Sebelum Sarpras penunjang konservasi ikan mikih itu dibangun tim DKP akan terus menggalakkan kegiatan sosialisasi. Khususnya kepada masyarakat yang berada di sepanjang aliran sungai. Selain itu, dilakukan sosialisasi yang menyasar pada masyarakat nelayan.

Karena ikan mikih ini tidak hanya diburu oleh masyarakat biasa. Tapi juga nelayan, mengingat ikan mikih komersial. Apalagi harganya kagolong mahal ketika dijual. “Setelah kegiatan sosialisasi, rencananya nanti akan kita bentuk kelompok pengembangan budidaya ikan mikih,” jelas Eddy.

Seluruh kelompok itu nanti, lanjut Eddy, memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melindungi dan menjaga kelestarian ikan mikih khususnya yang berada dalam wilayah konservasi. ‘’Jadi tugas kelompok, selain belajar budidaya ikan mikih, juga menjaga kelestarian ikan mikih yang ada di alam,” jelas Eddy.(hue)

Berita Lainnya

Tenaga Panwascam Diminati

MUKOMUKO – Peluang kerja di momen Pilkada 2020 jadi rebutan. Bukan hanya penerimaan Panwascam di ...

error: Content is protected !!