Rabu , 13 November 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Mei, Dana Kelurahan Cair

Mei, Dana Kelurahan Cair

Sekda Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM

KEPAHIANG – Kabar gembira untuk masyarakat kelurahan di Kabupaten Kepahiang, saat ini Dana Kelurahan (DK) yang merupakan program dari pemerintah pusat telah masuk ke Kas Daerah. Bahkan jika tidak ada kendala, pencairan tahap pertama DK ini sudah bisa dilakukan pada bulan Mei mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM mengungkapkan, sebelumnya DK masih terkendala regulasi dari pusat. Namun untuk saat ini sudah mendapatkan kejelasan sehingga dalam tahun 2019 ini dana kelurahan sudah bisa dikucurkan ke tiap kelurahan di Kabupaten Kepahiang.

“Beberapa regulasi yang dibutuhkan terkait DK, saat ini sudah turun, baik dari Kemendagri maupun Kemenkeu. Hanya saja kita masih menunggu juklak dan juknis serta Peraturan Bupati, yang kemudian baru bisa kita lakukan pencairan atas DK ini. Tidak lama, diperkirakan bulan Mei sudah bisa dilakukan pencairan tahap pertama,” jelas Zamzami.

Ia juga tak menampik, kaitan dana kelurahan tersebut  saat ini sudah berada dalam kas daerah, hanya saja terkait pencairan harus menunggu teknis dan regulasi dari Pemkab Kepahiang dalam hal ini Dinsos PMD Kabupaten Kepahiang. “Dananya sudah siap, kemungkinan pencairan dilakukan bertahap sama seperti DD,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya sebanyak 12 kelurahan se-Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan kucuran dana mencapai Rp 13,4 miliar yang dialokasikan dari APBN 2019 senilai Rp 4,6 miliar dan APBD Kabupaten Kepahiang 2019 senilai Rp 8,6 miliar.

Terkait penghitungan besaran anggaran setiap kelurahan ini akan dibagi berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah kelurahan. Untuk itu ia mengimbau kepada setiap kelurahan harus segera mempersiapkan profil kelurahan sebagai syarat utamanya.

“Sekarang memang belum dibutuhkan. Tapi saya pastikan ke depan profil kelurahan ini secepatnya akan dibutuhkan. Maka dari itu kelurahan segeralah untuk mulai mempersiapkannya,” demikian Zamzami. (sly)

 

 

 

Berita Lainnya

Komunikasi Informasi Konsolidasi Ke Dewan Pers

KEPAHIANG – Dinas Kominikasi Informasi Persandian dan Statistik Kepahiang, beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke ...

error: Content is protected !!