Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pengadaan Command Centre , Pemda Mukomuko Alokasikan Dana Rp 612,1 Juta

Pengadaan Command Centre , Pemda Mukomuko Alokasikan Dana Rp 612,1 Juta

MUKOMUKO – Polres Mukomuko tahun 2019 bakal mendapatkan bantuan fasilitas Command Center atau pusat kendali. Bantuan pengadaan digulirkan Pemda Mukomuko. Khususnya untuk pengadaan perangkat lunak atau software beserta perangkat keras alias hardware. Total dana yang disiapkan Pemkab Mukomuko, mencapai Rp 612,1 juta.

Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Kasimin, SH. Sepengetahuannya, Pemkab Mukomuko hanya bantu pengadaannya. Sedangkan yang menggunakan adalah Polres Mukomuko. Jadi yang mengetahui spesifikasi apa saja yang dibutuhkan, adalah Polres Mukomuko. ‘’Memang ada, tapi soal spesifikasi teknisnya, apa saja rinciannya, Polres yang lebih tahu. Tentu akan dikoordinasikan dulu ke Polres sebelum pengadaannya,” kata Kasimin.

Tahun anggaran 2018 lalu, Pemkab alokasikan dana untuk pembangunan gedung Command Centre. Hal ini dikatakan Kapolres Mukomuko, AKBP. Yayat Ruhiyat, S.IK melalui Kabag Ops, Kompol. Hasdi.

“Yang baru kita miliki saat ini yakni gedung Command Centre yang dibangun tahun 2018. Kalau isi dalamnya belum ada sama sekali. Tetapi Informasinya tahun ini akan disiapkan difasilitasnya oleh Pemkab Mukomuko. Agar gedung itu siap beroperasi,” kata Kabag Ops.

Dijelaskan Kabag Ops, keberadaan Command Centre sangat diperlukan. Karena akan memudahkan tugas kepolisian dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat Kabupaten Mukomuko.

Command centre itu, akan terkoneksi pada seluruh peralatan Closed Circuit Television (CCTV) yang berada di Mukomuko. Khususnya CCTV dibawah kendali Polres Mukomuko. Dengan jumlah 14 CCTV, yang berada mulai dari perbatasan Kabupaten Mukomuko-Kabupaten Bengkulu Utara dan perbatasan Kabupaten Mukomuko dengan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumbar.

“Command Centre ini tidak lain untuk menampung CCTV yang ada di Mukomuko. Ada 14 titik, selain di perbatasan, ada juga di Ipuh, Pondok Suguh, serta di Kota Mukomuko. Termasuk CCTV yang ada di komplek Mapolres,” jelasnya.

Selain itu papar Kabag Ops, fasilitas Command Centre juga digunakan untuk video conference dengan Mapolda Bengkulu. Karena, kegiatan tersebut sudah rutin dan wajib. Fasilitas ini juga akan terhubung dengan Command Centre Polda Bengkulu.

‘’Fasilitas tersebut, juga akan memudahkan pemantauan situasi dan kondisi di Mukomuko, terutama di jalan. Mampu pantau arus lalu lintas. Diharapkan tahun ini Command Centre ini dapat beroperasi. Tentu dengan dukungan dari Pemkab Mukomuko,” demikian Hasdi.(hue)

Berita Lainnya

Pemerintah Kabupaten Pilih Tambahan Penghasilan Pegawai

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko memilih tetap menerapkan pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) tahun 2020 mendatang. ...

error: Content is protected !!