Senin , 24 Februari 2020
Home / Probis / AHMBS Sukses Lahirkan Karya Kreatif

AHMBS Sukses Lahirkan Karya Kreatif

SELEKSI: Proses seleksi Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019 yang digelar oleh PT Astra Honda Motor (AHM). (foto: ist/rb)

BENGKULU – Ajang apresiasi dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2019 siap digelar lagi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan main dealernya. Khususnya Astra Motor Bengkulu yang merupakan distributor dan retailer resmi sepeda motor Honda wilayah Provinsi Bengkulu.

Kali ini para alumni AHMBS yang telah sukses melahirkan karya-karya kreatif akan mengawali kegiatan ini dengan berbagi ilmu dan pengalaman mengantarkan karyanya menjuarai kompetisi antar pelajar SMA/Sederajat berprestasi dari sekitar 66 sekolah di Provinsi Bengkulu.

Tahun ini, kegiatan yang telah memasuki penyelenggaraan ke-17 ini mengangkat tema yang sama dengan tahun lalu yakni untuk memberikan kesempatan para generasi muda unggulan dari seluruh Indonesia menampilkan ide kreatif kewirausahaan dengan mengusung tema “Creativepreneur Gen Millennial”.

Kepala Wilayah Astra Motor Bengkulu, Suryanto Wirawan menjelaskan, dengan diadakannya AHMBS 2019, Creativepreneur menjadi tema yang diangkat sejalan dengan fenomena yang ada di generasi milenial saat ini. Generasi yang telah melahirkan berbagai usaha yang memanfaatkan kreativitas dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

“Sedangkan milenial menggambarkan generasi muda masa kini yang memiliki karakter khas yaitu kreatif, percaya diri dan akrab dengan teknologi khususnya sosial media,” ujarnya, kemarin (12/3).

AHMBS mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA/sederajat melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia. Peserta yang mengikuti seleksi AHMBS 2019 Regional Bengkulu haruslah siswa/siswi SMA/sederajat (kelas X, XI, XII) dan gratis tanpa dipungut biaya.

Untuk wilayah Bengkulu akan dilaksanakan oleh Astra Motor Bengkulu. Sementara untuk informasi dan pengumpulan makalah bisa hubungi Selvi di 085267136800. Siswa-siswi yang sudah mengirimkan makalah akan diseleksi terlebih dahulu di Bengkulu dan bagi yang nantinya terpilih akan diikutsertakan pada Final AHMBS 2019 tingkat nasional di Jakarta pada 22 Juli 2019.

Pelajar yang mengikuti kompetisi ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Kriteria yang akan dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.

Seleksi peserta AHMBS tahun ini semakin ketat. Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan generasi muda yang memiliki minat berwirausaha ini dalam mengelola bisnis mulai dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM.

Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis. Sosialisasi AHMBS akan dilakukan oleh PIC AHMBS 2019 Astra Motor Bengkulu, Selvi Damayanti di sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu mulai Maret hingga April 2019. Materi akhir dari peserta ditunggu hingga Sabtu 25 Mei 2019. (rls)

Berita Lainnya

Suzuki XL7 Segera Diluncurkan di Bengkulu

BENGKULU – PT. Kangaroo Motor Mandiri Main Dealer mobil Suzuki akan melakukan follow up paska …